Tana Toraja Kembangkan 8 Obyek Wisata

Kompas.com - 16/08/2010, 20:50 WIB
EditorI Made Asdhiana

TANA TORAJA, KOMPAS.com - Kabupaten Tana Toraja, sebagai daerah wisata yang cukup terkenal, memiliki delapan objek wisata unggulan yang akan dikembangkan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tana Toraja, Yosiade di Toraja, Senin (16/8/2010) mengatakan, masing-masing obyek wisata tersebut memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. "Kedelapan objek wisata unggulan tersebut adalah panorama Buntu Burake, Tongkonan Tumbang Datu-Bebo, Agro Pango-Pango, air terjun Sarambu Assing, dinding pahat Lemo, wisata Sirope, pemandian alam Tilangnga, dan perumahan adat Sillanan," jelasnya.

Sebagian besar objek wisata tersebut adalah objek wisata alam, dan beberapa di antaranya sudah dikenal oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pada dasarnya, kawasan obyek wisata yang terdapat di Tana Toraja merupakan wisata yang memiliki ciri khas dan bernuansa tradisional. "Meskipun bernuansa tradisional, namun hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri sebagai objek wisata," katanya.

Menurut Yosiade, kedelapan objek wisata ini harus mendapatkan perhatian yang serius karena Tanatoraja dinominasikan sebagai salah satu dari 23 situs dalam daftar World Heritage Culture oleh Uesco.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja masih melakukan survei terhadap sejumlah daerah yang berpotensi menjadi objek wisata. Kehadiran objek wisata unggulan ini juga dapat menjadi lokomotif bagi pembukaan peluang usaha masyarakat sekitar seperti kerajinan tangan. "Hanya saja, akses jalan untuk memasuki kawasan wisata tersebut masih menjadi kendala yang cukup besar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.