Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menbudpar: Cek Kesiapan Obyek Wisata

Kompas.com - 21/08/2010, 16:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik, meminta pemerintah daerah (Pemda) mengecek infrastruktur pariwisata di daerahnya menjelang libur lebaran. "Saya mengimbau agar semua gubernur, walikota, bupati di seluruh Indonesia mulai mengecek kesiapan semua obyek wisata berikut infrastruktur pendukung di daerahnya masing-masing," kata Menbudpar, Jero Wacik, di Jakarta, Jumat (20/7/2010).

Ia mengatakan, pada liburan lebaran dipastikan akan terjadi lonjakan jumlah pengunjung di berbagai obyek wisata di tanah air.

Oleh sebab itu, Jero Wacik menegaskan, agar Pemda dan pemangku kepentingan di daerah segera mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung pariwisata. "Ini perlu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat libur lebaran tiba," katanya.

Menbudpar meminta agar seluruh infrastruktur pendukung wisata mulai dari jembatan, jalan, alat transportasi, hingga perlengkapan destinasi wisata dicek kelaikannya. Dengan demikian, saat libur lebaran tiba, semua infrastruktur pendukung pariwisata mampu beroperasi dengan laik sehingga tidak perlu terjadi human/technical error yang berpotensi menelan korban.

Pada kesempatan yang sama, Menbudpar mengatakan, pihaknya tidak melakukan intervensi dalam penetapan harga-harga fasilitas pendukung pariwisata, seperti tarif hotel, restoran, dan lain lain. "Kenaikan harga ketika libur lebaran itu sesuatu yang wajar, jangan kita tanggapi seperti akan ada kiamat," kata Jero Wacik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com