Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITTF Pertemukan Pebisnis dan Pelanggan

Kompas.com - 01/10/2010, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 200 pelaku usaha industri pariwisata dan lebih dari 500 pembeli dalam dan luar negeri akan datang ke Indonesia Tourism and Travel Fair ke-3 (ITTF 2010) di Jakarta Convention Center Hall B. Mereka akan bertemu dengan puluhan ribu masyarakat umum yang diperkirakan hadir.

"Kami berharap transaksi penjualan ITTF 2010 menembus pencapaian tahun lalu sekitar Rp 5,5 miliar," kata Ketua Panitia ITTF 2010, Ben Sukma, di Jakarta, Jumat (1/10/2010).

Ben juga menargetkan peningkatan pembelian masa depan (future buying). "Nilainya bisa lebih dari 3 juta dollar AS," ujar Ketua Umum DPP Association of Indonesian Tours and Travel Agency (ASITA) itu.

ITTF dikenal sebagai pameran yang efektif dan efisien karena menggabungkan dua hal, yaitu pertemuan langsung antara para pelaku bisnis, dan pertemuan antara pelaku bisnis dan pelanggan. Konsep ini memberikan kesempatan berbagi informasi bagi para pengunjung di saat bersamaan. "Ini memang sudah jadi konsep awal kami," ungkap Ben.

Pada setiap blok stan, terdapat tiga hingga empat wakil dari agen perjalanan, hotel, anggota Kongres dan Konvensi Indonesia, badan pariwisata daerah, atau pelaku bisnis lain di dunia pariwisata.

"Termasuk di sini, mereka yang bergerak di bidang bisnis pembuatan cinderamata karena merupakan salah satu aspek terpenting di dunia pariwisata. Jika tak ada cinderamata, Anda tak akan punya sesuatu untuk diperlihatkan kepada kerabat atau sahabat di rumah atau di kantor," ujar Ben.

ITTF 2010 akan dibuka pada hari ini dan digelar hingga 3 Oktober 2010 mendatang. Hari pertama pameran akan terfokus pada pertemuan di antara pelaku industri wisata. Sedangkan masyarakat umum dapat menikmati pameran dan mencari paket wisata murah pada hari kedua dan ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com