Wakatobi Perluas Tujuan Wisata

Kompas.com - 22/10/2010, 16:19 WIB
EditorI Made Asdhiana

BAUBAU, KOMPAS.com - Pemkab Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2011 nanti melalui program pengembangan pariwisata akan memperluas tujuan wisata yang menjadi sektor andalan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Hasirun Ady di Wakatobi, Jumat (22/10/2010), mengatakan sektor pariwisata merupakan penyumbang pendapatan asli daerah Wakatobi. "Untuk itu, pengembangan tujuan pariwisata alam, selain wisata bahari sangat penting," katanya.

Hasirun menjelaskan bahwa di masa mendatang, selain melakukan penataan dan pengelolaan yang baik di bidang wisata bahari yang selama ini sudah menampakan titik terang, pihaknya mencoba lagi melakukan pemugaran objek-objek wisata alam yang tersebar di berbagai wilayah Wakatobi.

Objek-objek wisata alam yang masuk dalam program pengembangan tujuan wisata tahun 2011 yakni antara lain permandian Kontamale di Kelurahan Wanci dan Tee Luo di Desa Liya Togo. "Dua objek wisata tersebut, jika dikelola secara baik, bisa mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat setempat, serta para wisatawan alam yang berkunjung ke Wakatobi," katanya.

Hasirun menambahkan, pada tahun 2012 juga akan ada perluasan pengembangan tujuan wisata alam hingga ke Pulau Kaludupa, Tomia dan Binongko. Namun, jika dilihat dari kondisi daerah serta letak yang strategis, pulau yang paling menonjol ada di Tomia yakni pantai Hondue.

Di pantai Hondue tersebut, selama ini sangat diminati baik warga local maupun wisatawan asing untuk dijadikan tempat rekreasi. "Jadi, tinggal dipoles sedikit saja sehingga kelihatan lebih bagus lagi. Dan pantai Hondue itu juga sudah ada grand design-nya," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.