Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Pariwisata dan Peternakan Rugi Besar

Kompas.com - 03/11/2010, 04:42 WIB

Yogyakarta, Kompas - Erupsi eksplosif Gunung Merapi sejak Selasa (26/10) secara signifikan telah berdampak buruk pada perekonomian masyarakat di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sektor pariwisata, khususnya perhotelan, daerah tujuan wisata, dan transportasi wisata, menyusut tajam.

Sementara jatuhnya usaha peternakan susu perah di Sleman (DI Yogyakarta) dan Boyolali (Jawa Tengah) mengakibatkan kerugian dan menumpuknya utang para petani dan pengusaha kecil.

Presiden meminta hati-hati

Di Semarang, Jawa Tengah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin mengingatkan agar jajaran pemerintah dan masyarakat jangan lengah dan selalu bersikap hati-hati karena erupsi Merapi belum selesai.

Presiden mengemukakan hal itu di hadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Tengah di Ruang VIP Bandar Udara Achmad Yani, Semarang, Selasa (2/11) sore. ”Teruskan penanganan sampai benar-benar tuntas aktivitas Gunung Merapi sehingga saudara-saudara kita bisa kembali ke rumahnya dengan selamat,” kata Presiden. Ia menekankan pentingnya faktor kepemimpinan dalam menangani bencana sehingga masyarakat mengikuti instruksi pemimpin dengan baik.

Di tengah kenyataan timbulnya kerugian masyarakat, akibat bencana Merapi dan Mentawai, Menteri Sosial Salim Segaf Al’Jufrie kemarin di Magelang menyatakan, Pemerintah Indonesia saat ini memiliki cukup dana untuk menangani bencana. Karena itu, tidak akan menerima bantuan dana dari pihak asing.

Namun, Perdana Menteri Australia Julia Gillard dalam kunjungannya ke Indonesia, Selasa di Jakarta, menyampaikan bahwa Pemerintah Australia akan memberi bantuan 2,1 juta dollar Australia untuk korban bencana Gunung Merapi dan tsunami di Kepulauan Mentawai.

Kerugian

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY Herman Tony menuturkan, selama seminggu terakhir, pelaku hotel bintang tiga hingga lima melaporkan adanya pembatalan pemesanan kamar hotel.

Menurut Tony, saat ini rata-rata tingkat hunian di 18 hotel bintang tiga hingga bintang lima di DIY mencapai 67,29 persen. Angka ini relatif rendah karena menjelang akhir tahun tingkat hunian di atas 70 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com