Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Kewalahan Tangani Wisman

Kompas.com - 04/11/2010, 16:31 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Dampak meletusnya Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, membuat biro-biro perjalanan wisata Bali kewalahan menangani turis mancanegara yang telanjur datang untuk liburan ke Yogyakarta. Mereka terpaksa dialihkan ke obyek wisata lainnya, seperti ke Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jakarta.

 

Selain itu, biro perjalanan wisata terpaksa menghentikan sementara penjualan paket wisata dengan tujuan Yogyakarta dan sekitarnya. Pembatalan ini demi keamanan karena wisatawan tersebut juga takut dan merasa tidak nyaman melakukan perjalanan ke Yogyakarta.

 

Wakil Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Bali Ketut Ardana, Kamis (4/11/2010) di Denpasar, menjelaskan bahwa paket wisata Bali dan Yogyakarta selama ini cukup diminati wisatawan asing. Akibat meletusnya Gunung Merapi, pihaknya terpaksa mencari tujuan wisata lain di Indonesia, dan ini membutuhkan tenaga ekstra dengan mengubah jadwal perjalanan.

 

"Bencana meletusnya Merapi ini benar-benar tak terduga. Kami pun prihatin karena sejumlah agen wisata di Yogyakarta menjadi lumpuh sampai status Merapi dinyatakan aman," kata Ardana.

 

Beberapa agen wisata di Denpasar mengungkapkan hal senada. Mereka terpaksa mengalihkan penerbangan dan perjalanan wisata ke Yogyakarta demi keamanan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com