Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Wisata dengan Suvenir Khas

Kompas.com - 06/11/2010, 03:10 WIB

Irma Tambunan

Berkunjung ke kompleks percandian Muaro Jambi, wisatawan tidak akan bingung lagi mencari oleh-oleh khas setempat. Persis di samping gerbang masuk situs, gerai suvenir milik Subrata telah dibuka.

Tempat itu menawarkan beragam jenis kerajinan hasil buatan tangannya. Ada miniatur rumah adat dan perahu khas Jambi, yaitu kajang lako, yang terbuat dari campuran bambu, kayu, rotan, dan batok kelapa.

Ada juga stupa candi dan vas bunga dari kayu mahoni, jam dinding, pigura, dan gantungan kunci dari bambu serta sejumlah lukisan Candi Tinggi dan Candi Gumpung, dua candi yang terletak di kompleks utama situs ini.

Yang tidak kalah unik adalah miniatur perlengkapan para petani Muaro Jambi, seperti ambung (tempat membawa hasil panen dari sawah) dan bubu (wadah menjaring ikan) dari bahan rotan.

Dan barang-barang suvenir ini menjadi incaran pengunjung candi. Ini terjadi terutama pada hari raya atau hari libur sebagaimana hari Lebaran pertengahan September 2010, di mana ada sekitar 3.000 pengunjung.

Mereka tidak sekadar melihat candi, tetapi juga ingin pulang sambil membawa oleh-oleh khas setempat. Maka, gerai milik Subrata yang menjadi satu-satunya tempat penjualan suvenir khas Muaro Jambi menjadi sasaran didatangi wisatawan.

”Nilai penjualan sudah lebih dari Rp 2 juta selama dua hari Lebaran lalu,” ujar Subrata, yang juga tinggal di sekitar kompleks candi, di Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, beberapa waktu lalu.

Menurut Brata, demikian dia biasa dipanggil, tidak hanya turis lokal yang membeli suvenir buatannya. Ada juga turis asal Jerman yang berkunjung dan memborong sejumlah kaus bergambar khas daerah Jambi, gantungan kunci, dan miniatur stupa.

Saat hari raya seperti Lebaran, dengan pengunjung yang membeludak, stok suvenirnya yang sudah ada menipis. Brata harus segera memproduksi suvenir kerajinannya lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com