Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Targetkan 100.000 Wisman pada 2011

Kompas.com - 09/11/2010, 17:05 WIB

Laporan wartawati KOMPAS Fransisca Romana Ninik dari London, Inggris

LONDON, KOMPAS.com — Bali menargetkan kunjungan 100.000 wisatawan mancanegara tahun 2011. Untuk itu, lebih dari 70 pelaku industri pariwisata dari Bali menghadiri World Travel Market di Excel Center, London, Inggris pada 8-11 November.

“Ada 70 juta turis dari Inggris setiap tahun dan kami mengincar 100.000 kunjungan di Bali tahun 2011. Mayoritas dari mereka tinggal di Kabupaten Badung, seperti di Nusa Dua dan Kuta,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Cok Raka Darmawan di sela-sela acara World Travel Market (WTM) di London, Selasa (9/11).

Tahun 2009, sebanyak 92.859 wisatawan asal Inggris tiba secara langsung di Bali. Lebih dari separuhnya memilih berbagai tempat wisata di Kabupaten Badung, seperti Nusa Dua, Kuta, Jimbaran, Legian, dan Seminyak.

Tahun lalu, pariwisata Indonesia meraup 123 juta poundsterling dari 169.271 kunjungan wisatawan Inggris. Sebanyak 54,86 persen wisatawan itu berkunjung ke Bali sebagai tujuan wisata paling populer. Jakarta berada di tempat kedua dengan 18,33 persen. Sisanya berpencar di Batam, Medan, Surabaya, dan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia.

Rhudy Antara dari Bali Village mendorong pemerintah agar menjaga, bahkan meningkatkan promosi pariwisata, supaya Bali mendapat ekspos yang lebih besar di pasar wisata dunia.

Dengan memanfaatkan momen film Eat, Pray, Love yang dibintangi aktris Julia Roberts, Bali kini menawarkan paket wisata masakan kuliner Bali, yoga, kunjungan kuil, dan liburan romantis. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com