Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Aconcagua Jadi Target Berikutnya

Kompas.com - 13/12/2010, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai sukses menaklukkan puncak Gunung Elbrus (5.642 mdpl) pada Agustus lalu, kali ini tim 7 summits Indonesia yang terdiri dari Ardeshir Yaftebbi, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, Fajri Al Luthfi, Narhuda serta Gina Afriani, kembali bersiap untuk melakukan pendakian keempat. Mereka ingin menaklukkan puncak tertinggi dari Gunung Aconcagua di Argentina.

Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 6.962 mdpl ini merupakan puncak tertinggi untuk kawasan Amerika Selatan. Rombongan dijadwalkan akan memulai perjalanan pada 17 Desember 2010 dari Mendoza ke kaki Aconcagua.

Rencananya, tim akan mencapai base camp pada tanggal 20 Desember 2010. Selama di base camp dengan ketinggian 4.000 mdpl ini tim akan melakukan aklimatisasi selama tiga malam.

Dari base camp, tim menuju tiga tahapan selanjutnya yakni camp 1 di Kanada dengan ketinggian 4.877 mdlp, camp 2 di Nido de Condores dengan ketinggian 4.334 mdpl dan camp 3 di Berlin dengan ketinggian 5.800 mdpl.

Di camp terakhir, tim rencananya akan melakukan istirahat selama satu hari sebelum mencapai puncak Aconcagua yang rencananya dijadwalkan pada 28 Desember 2010.

Selama berada di tiga camp tersebut tim juga akan menjalani tes medis berupa pengukuran kadar oksigen dalam darah (saturasi oksigen). Ini sangat penting mengingat semakin tinggi puncak ketinggian yang didaki, semakin sedikit pula kandungan oksigen yang ada.

Mengenai persiapan, salah satu anggota tim Ardeshir Yaftebbi menuturkan telah melakukannya sejak merampungkan pendakian puncak Elbrus. Ia pun yakin timnya saat ini tengah dalam kodisi yang terbaik baik dari segi mental maupun fisik.

"Persiapannya sudah dari akhir Agustus lalu sampai seminggu terakhir ini. Yang perlu kami perhatikan adalah mengenai kondisi paru-paru yang cukup baik mengingat kadar oksigen yang sedikit di puncak Aconcagu nanti. Selain itu kami juga mewaspadai adanya awan putih dingin yang terkenal berbahaya," papar Ardeshir, di sela jumpa pers di Jakarta, Senin (13/12/2010).

Puncak Aconcagua merupakan gunung keempat yang akan didaki tim Indonesia. Jika berjalan dengan lancar, setelah Aconcagua pada bulan Mei 2011 nanti akan mendaki ke puncak Denali/Mc Kinley (6.194 mdpl) yang merupakan puncak tertiggi di Amerika utara.

Lalu pada Desember akan dilanjutkan dengan pendakian ke puncak tertinggi di Antartika, Vinson Massif (4.897 mdpl). Terkahir pada pertengahan tahun 2012, tim akan mendaki puncak tertinggi di dunia yakni Everest (8.848 mdpl).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com