Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Bukan Sekadar Kuta...

Kompas.com - 28/12/2010, 15:50 WIB

Oleh: Benny Dwi Koestanto

PANTAI Kuta boleh termasyhur sejak Mads Lange dari Denmark datang berdagang pada abad ke-19. Namun, sejak Julia Roberts datang, nama Pantai Padang-Padang-lah yang mulai mengemuka. Ada juga Dreamland, Pantai Geger, Pantai Canggu, Pantai Suluban, dan pantai-pantai lain dengan pesonanya yang masih belum banyak disentuh wisatawan.

Kuta selalu menciptakan kerinduan bagi siapa saja yang sudah ke sana. Namun, sebaiknya Anda tak takut mengeksplorasi tempat-tempat indah, yang menurut beberapa orang malah lebih indah dari Kuta. Niscaya Anda akan semakin jatuh cinta dengan Bali.

Pantai indah di Bali tak hanya Kuta. Pantai yang sedang naik daun gara-gara film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts adalah Padang-Padang. Film melejitkan pantai ini seperti Pulau Phi-Phi, Provinsi Krabi, Thailand, yang beken berkat film The Beach yang dibintangi aktor Leonardo Di Caprio.

Padang-Padang

Pantai Padang-Padang berlokasi 30 kilometer arah selatan Kuta, sejajar dengan Pantai Jimbaran, tak jauh dari kawasan Pura Luhur Uluwatu di sisi barat laut Bali. Apabila Anda membutuhkan suasana tenang dan privat, ada baiknya mencoba ke sana.

Pantai Padang-Padang masih sangat alami. Sebuah kondisi kontras dengan Kuta yang hampir tiap tahun ditata sedemikian rupa setelah rutin terkena abrasi. Di Padang-Padang, karang menjulang dengan rimbun pohon di sekelilingnya memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Pada siang hari, karang itu menjadi pelindung sekaligus area yang nyaman dari sengatan matahari.

Suluban

Masih di Desa Pecatu, wisatawan bisa menikmati pantai setipe, yakni di Pantai Suluban. Suluban dalam bahasa Bali berarti ”berjalan atau lewat di bawah sesuatu”. Untuk sampai di pantai itu, pengunjung yang ingin ke sana harus melewati goa batu karang sebelum akhirnya sampai di pantai yang luas, berpasir putih dengan gemuruh gelombang yang disenangi wisatawan peselancar.

Pecatu tentu saja tak bisa dilepaskan dari keberadaan Pantai Dreamland. ”Pantai Impian” yang juga mendapat sebutan New Kuta itu kini lebih tertata setelah pembangunan Kelapa Resort yang menjadi satu kawasan yang dikembangkan Bali Pecatu Graha. Kompleks ini terdiri dari perumahan elite, lapangan golf, dan perhotelan. Kelapa Resort menjadi semacam pintu masuk ke wilayah pantai, dilengkapi lounge dan rumah makan kelas atas. Wisatawan tetap dapat menikmati pantai ini melalui akses jalan dan parkir di selatan kawasan resor itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com