Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bianglala di Seayun Langkah Wisata Hanoi

Kompas.com - 03/01/2011, 14:46 WIB

Oleh: Pascal S Bin Saju

Udara dingin menerpa kami saat keluar dari pesawat di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, Vietnam, suatu sore. Wilayah utara Negeri Paman Ho ini sedang memasuki musim dingin. Suhu udara saat itu 18 derajat celsius. Puncak musim dingin pada Januari-Februari akan lebih ekstrem, suhu terendah bisa 5 derajat celsius.

Dinh Huyen Tram, staf Departemen Kerja Sama Internasional pada Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, menyambut kami di bagian kedatangan. Dia memandu tur wisatawan kali ini sejak dari Hanoi, kemudian ke maskot wisata Vietnam di Halong Bay, hingga ke bekas basis Vietkong di luar kota Ho Chi Minh.

Tram menuturkan, iklim Vietnam memang unik. Wilayah utara dengan kota terbesarnya Hanoi memiliki empat musim, yakni dingin, semi, panas, dan gugur. Wilayah selatan dengan kota utamanya Ho Chi Minh memiliki dua musim seperti di Indonesia.

Sepanjang jalan dari bandara tampak banyak proyek sedang dikerjakan. Ada proyek pembangunan dan perbaikan jalan, gedung bertingkat, dan penambangan pasir di Sungai Merah. Proyek properti berkonsep kota terintegrasi dibangun raja properti Indonesia, Ciputra, tampak di kiri jalan dan menjadi satu-satunya yang terbesar di Hanoi.

Di pusat kota, ruko-ruko yang ramping dan usang menjejali sisi jalan sempit dan rindang oleh pepohonan nan hijau. Jejak arsitektur era kolonial Perancis masih membekas pada vila dan gedung-gedung tua milik pemerintah. Tampak ada banyak istana kerajaan, monumen, dan kuil, yang menurut Tram, itu semua dari Dinasti Tran (tahun 1225-1400).

Hanoi kuno, yang kini masih membekas, adalah jantung dinasti-dinasti tua dan sarat lapisan sejarah. Pada masa perang melawan orang Mongol (tahun 1257, 1284, dan 1287) kota kuno bernama Than Long hancur. Than Long (ascending dragon) berarti naga yang tiba-tiba muncul di bumi, di hadapan penduduk setempat.

Konon Dinasti Tran berjuang mati-matian membangun kembali kota yang beberapa kali berganti nama itu. Pada tahun 1931 Kaisar Minh Mang menamainya Ha Noi atau kota di tepi sungai—yang dimaksud tidak lain di tepi Sungai Merah.

Jantung spiritual

Salah satu tempat yang selalu dipromosikan warga dengan rasa bangga untuk mengidentifikasikan kotanya ialah ”Hanoi adalah kota penuh danau alam”. Dengan julukan itu, warga ingin menjelaskan asal mula Hanoi, kota yang sejak dahulu kala berada di tepi Sungai Merah dan sungai itu berhulu di China.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com