Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Rupat Jadi Wisata Terintegrasi

Kompas.com - 16/01/2011, 00:10 WIB

DUMAI, KOMPAS.com - Di sela kunjungannya ke Bengkalis, Provinsi Riau, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sangat meyakini Pulau Rupat sebagai kawasan terluar berpotensi menjadi lokasi wisata yang terintegrasi.

"Dilihat dari sisi geografis dan geopolitik, Pulau Rupat sangat berpotensi dikembangkan dan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat," katanya saat berpidato di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis.

Ia bersama dua menteri lainnya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar, Sabtu (15/1/2010).

Menurut Hatta, Rupat merupakan surga wisata jika dilengkapi berbagai fasilitas seperti "cottage", sarana wisata bahari, wisata pantai dan sebagainya.

"Rencana Pulau Rupat dijadikan kawasan wisata nasional sedang dalam tahap pembahasan dan akan segera terealisasi tidak lama lagi," ujarnya.

Dikatakan Hatta, kedatanganya bersama dua menteri merupakan satu agenda yang sudah direncanakan sejak lama. Tujuannya, survei kondisi Rupat seperti yang digembar-gemborkan banyak media di Riau.

"Setelah sampai di sini, ternyata apa yang dikabarkan tersebut sangat benar dan saya pribadi mendukung jika Rupat dijadikan kawasan wisata strategis," katanya.

Hatta mengimbau pemerintah dan masyarakat Bangkalis di Pulau Rupat untuk senantiasa menjaga kelestarian pantai agar tetap indah. Hal tersebut menurut dia penting agar pantai Rupat Utara dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan asing sehingga secara otomatis mereka akan berbelanja dan memanfaatkan fasilitas yang nantinya akan dibangun seperti penginapan, pasar tradisional wisata dan lain sebagainya.

"Langkah menciptakan Rupat sebagai pulau wisata harus dimulai dari sekarang, salah satunya yakni dengan menjaga kelestariannya agar tetap indah dan bersih," katanya.

Hatta Rajasa bersama dua menteri lainnya tiba di Pulau Rupat sekitar pukul 10.30 WIB dengan helikopter dan didampingi Gubernur Riau HM Rusli Zainal serta Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com