Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerang Gong Gong, Apa Itu?

Kompas.com - 18/01/2011, 08:35 WIB

KOMPAS.com - Bengkong Laut, pasti masih belum familiar dengan rumah makan ini. Yup, karena Bengkong Laut baru beroperasi beberapa bulan yang lalu. Saya dan adik saya pun datang kesini pada saat pembukaannya beberapa bulan yang lalu itu. Sudah pasti ramai sekali karena ini memang baru pertama kali buka.

Bapak Runata – pemiliknya tampak begitu ramah menyapa tamu-tamunya. Bengkong Laut adalah rumah makan yang menyajikan seafood sebagai menu utama mereka. Lokasinya ada di daerah Semanan, tepatnya Jl. Duri Kosambi Raya, Jakarta Barat.

Tempat duduknya kebanyakan berada di area open air. Lumayan luas dan cukup nyaman lho. Mari kita lihat menunya, Namanya juga Seafood Resto, sudah pasti ada kepiting, udang, cumi-cumi, ikan…. dan ada nih satu menu yang baru saya temukan disini, yaitu Gong-Gong, baru denger kan? He-he. Gong Gong adalah sejenis kerang berukuran lumayan besar, saya rasa ini masaknya hanya direbus, dan makannya hanya dengan cocolan sambal.

Seperti biasanya, saya pesan kesukaan saya yaitu kepiting lada hitam dan cumi goreng tepung. Rasanya belum afdol kalau ke rumah makan seafood tapi tidak makan kepiting, makanya menu kepiting lada hitam selalu ada didalam list saya. Nah kalau adik saya suka sekali makan ikan laut, makanya kami juga pesan ikan goreng saus thailand.

Tidak terlalu lama kami menunggu si kerang Gong Gong. Ukurannya lumayan besar, dan cara memakannya harus menggunakan bantuan sebuah tusuk gigi. Buat yang suka kerang, cobain deh Gong Gong ini. Unik dan rasanya juga enak, apalagi kalau dicocol dengan sambalnya. Saya pernah menemukan kerang Gong Gong ini sewaktu  makan seafood di Newton-Singapura, ternyata di sini juga ada he-he...

Saya rasa kepiting lada hitamnya cukup enak, begitu pula dengan cumi goreng tepungnya. O iya saya tadi kan kami pesan satu menu lagi yaitu ikan goreng saus thailand, nah yang ini nih enak banget lho. Ikan goreng yang yang dilumuri dengan saus thailand berasa asam manis agak pedas sedikit, mantap deh. Kemudian ada satu menu lain yang harus kalian coba yaitu bihun kepiting, rasa daging kepitingnya mantap abis... (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com