Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Raja Ampat Jadi Incaran Wisman

Kompas.com - 19/01/2011, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak selamanya Bali menjadi favorit tempat wisata wisatawan asing. Raja Ampat dan Pulau Komodo merupakan dua destinasi favorit wisatawan asing yang mencari wisata alam. Hal tersebut diungkapkan Direktur Promosi Luar Negeri Kemenbudpar, Noviendi Makalam kepada Kompas.com, Senin (17/1/2011).

Raja Ampat diburu oleh para turis penggemar diving. Sementara itu menurut Noviendi, lokasi-lokasi surfing yang diburu para peselancar antara lain Nias, Dreamland, Enggano, Sumbawa, dan masih banyak tempat lainnya.

"Indonesia memiliki spot-spot kelas dunia. Tinggal bagaimana mereka kita fasilitasi dengan sarana dan transportasi. Ini juga tugas pemerintah daerah," ungkapnya.

Sedangkan wisata budaya, Toraja merupakan destinasi yang banyak diminati wisatawan asing. Sayangnya, saat ini akses jalan menuju Toraja tidak sebagus dulu.

"Perlu waktu 10 jam menuju Toraja," katanya.

Noviendi berharap rencana pembangunan bandara baru di Toraja dapat mendongkrak kembali kunjungan wisatawan di kawasan tersebut. Dulu, Toraja sempat menjadi primadona untuk wisata budaya selain Bali.

"Terutama orang Eropa biasanya ingin ke tempat-tempat eksotis dan belajar budaya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com