Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembudpar Siap Jualan di Spanyol

Kompas.com - 19/01/2011, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata siap jualan pariwisata Indonesia di ajang International Tourism Trade Fair (FITUR) di Madrid, Spanyol, 19-21 Januari 2011. Direktur Promosi Luar Negeri Noviendi Makalam mengatakan bahwa tahun ini merupakan partisipasi kedua Indonesia dalam FITUR.

"Kembudpar memfasilitasi pengusaha di bidang pariwisata untuk bertemu langsung dengan buyer," katanya kepada Kompas.com, Senin (17/1/2011). Ada sembilan perusahaan yang mendaftar untuk ikut serta di FITUR. Perusahaan tersebut terdiri dari hotel, biro perjalanan, dan resor.

Menurut Noviendi, tidak banyak perusahaan yang ikut karena peserta yang ikut serta harus diseleksi, yaitu perusahaan yang mempunyai pasar di Spanyol.

"Jadi, kita tanya travel agent atau hotel mana yang biasa menangani wisatawan Spanyol. Sering kali perusahaan itu segmented pasarnya," ungkapnya.

Sebenarnya pihak Kembudpar tidak membatasi, tetapi lahan yang disewa terbatas. Jadi, prioritas diberikan kepada perusahaan yang memiliki pasar di Spanyol.

FITUR merupakan salah satu dari sepuluh pameran pariwisata terbesar di dunia. Tahun lalu terdapat 166 negara yang ikut serta membuka stan di FITUR. Sekitar 125.000 pengusaha profesional di bidang pariwisata tercatat hadir di FITUR 2010. Pameran tersebut mempertemukan perusahaan-perusahaan pariwisata di seluruh dunia. Karena itu, penjualan yang akan terjadi merupakan business to business.

Oleh sebab itu, Noviendi berharap tahun kedua keikutsertaan Indonesia di FITUR ini akan menghasilkan angka kontrak. Pihaknya menargetkan angka kontrak mencapai 20 kali dari biaya yang telah dikeluarkan. Salah satu pameran pariwisata yang sering diikuti Indonesia adalah ITB di Berlin, Jerman, yang merupakan ajang pameran pariwisata terbesar di dunia. Tahun 2010 Indonesia berhasil mendapatkan Rp 1,4 triliun kontrak potensial dari 70 perusahaan Indonesia yang berpartisipasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com