Maluku Berpartisipasi di Vakantiebeurs

Kompas.com - 20/01/2011, 08:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

AMBON, KOMPAS.com - Kegiatan Travel Fair atau Vakantiebeurs yang berlangsung di Utrech Belanda 10 -16 Januari 2011 dimanfaatkan Pemprov Maluku untuk memperomosikan berbagai potensi pariwisata di daerah ini.

"Kami maksimal mempromosikan pariwisata Maluku di ajang Vakantiebeurs, dan melalui kegiatan tersebut kami berharap jumlah wisatawan mancanegara ke Maluku tahun ini semakin meningkat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku, Florence Sahusilawane, di Ambon, Rabu (19/1/2011).

Sahusilawane mangatakan berbeda dengan tahun sebelumnya kegiatan Vakantiebeurs yang diikuti 160 negara tersebut, Maluku tidak mengikutsertakan delegasi kebudayaan daerah setempat.

"Tahun ini Pemprov tidak mengikutsertakan rombongan kebudayaan Maluku, tetapi menggandeng tiga agen perjalanan yakni PT Sandy de Lima Tour and Travel, PT. Daya Patal Tour, dan Likes Tour and Travel untuk mempromosikan potensi wisata Maluku," ujarnya.

Promosi yang dilakukan ketiga agen perjalaan tersebut berhasil menjalin peluang bisnis pariwisata dengan sejumlah agen perjalanan di Eropa antara lain dengan Archasia Travel,Verchade Travel dan Swedaye Travel.

"Archasia dan Verchade merupakan travel terbesar di Belanda yang sering menjual berbagai potensi wisata Indonesia termasuk Maluku. Kami berharap dengan kerja sama ini arus kunjungan wisatawan yang masuk ke daerah ini, terus meningkat dibanding tahun 2010," katanya.

Sahusilawane menambahkan, salah satu penyanyi legendaris Maluku yakni Zeth Lekatompessy juga mempersembahkan dua lagu pada acara "Indonesian Cultural Night" yakni "Mama Bakar Sagu" dan "May Way".

"Om Zeth pada acara Indonesian Cultural Night melantunkan dua buah lagu dan mendapat sambutan meriah dari para pengunjung," kata Sahusilawane.

Tidak kurang dari 1.200 pengunjung atau 200 orang per hari berkunjung ke stand Indonesia selama kegiatan berlangsung. "Kami juga berkesempatan melakukan dialog interaktif dengan pengunjung mengenai perkembangan industri pariwisata di Maluku termasuk menyebarkan kalender kegiatan pariwisata Maluku," katanya.

Selain Maluku beberapa daerah seperti Bali, Papua dan Aceh juga masing-masing menampilkan berbagai khasana budaya daerah setempat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.