Kapal Pesiar Singgahi Pulau Weh

Kompas.com - 24/01/2011, 17:06 WIB
EditorI Made Asdhiana

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kapal pesiar, MV Amadea, menurunkan sebanyak 500 wisatawan mancanegara di Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh untuk mengunjungi sejumlah objek wisata. "Kapal bersandar di pelabuhan Sabang pukul 07.45 WIB. Selanjutnya disambut secara sederhana oleh Pemko Sabang," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Mariani saat dihubungi dari Banda Aceh, Senin (24/1/2011).

MV Amadea yang mengangkut 500 turis, umumnya berusia lanjut itu akan berada selama enam jam di Sabang yang berjarak sekitar 14 mil laut dari pesisir Kota Banda Aceh. Ratusan wisman mengunjungi sejumlah objek wisata potensial di Sabang, diantaranya kawasan Sumur Tiga, pantai Iboih, Gapang, dan Anoe Itam.

"Wisatawan dari kapal pesiar itu kami bawa keliling Sabang dengan menggunakan transportasi darat, selain mereka yang senang berjalan kaki atas permintaan sendiri berkeliling Kota Sabang," kata Mariani.

MV Amadea, menurut Mariani, telah rutin mengunjungi Sabang. Pada April 2010, kapal pesiar tersebut juga singgah di pulau berpenduduk sekitar 26 ribu jiwa itu.

Setelah enam jam di Sabang, kapal akan melanjutkan perjalanan ke Langkawi (Malaysia), Singapura, Pare-Pare dan Komodo (Indonesia).

Di Sabang, katanya, wisatawan kapal pesiar MV Amadea tersebut disambut oleh Wakil Wali Kota Sabang Islamuddin yang mengharapkan agar para turis bisa menjadikan daerahnya sebagai salah satu kunjungan rutin. "Kami sangat terbuka, dan masyarakat Sabang tentunya siap menyambut kedatangan wisatawan dengan gembira dan akan mendukung sepenuhnya mewujudkan Sabang sebagai destinasi nasional," kata Islamuddin seperti dikutip Mariani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.