Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Bidadari, Maskot Sail Morotai

Kompas.com - 28/01/2011, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Gubernur Maluku Utara Thaib Armayn meluncurkan logo dan maskot Sail Morotai 2012 di Lapangan Merdeka, Morotai, Maluku Utara, Jumat (28/1/2011). Kepala Bappeda Pulau Morotai sekaligus ketua panitia acara tersebut, Muhlis Baay, mengatakan kepada Kompas.com via telepon bahwa acara dimeriahkan dengan panggung gembira dan pertunjukan budaya. "Tujuan acara untuk menyosialisasikan logo dan maskot," kata Muhlis.

Tujuan lain adalah meningkatkan partisipasi masyarakat Morotai dan Maluku Utara. Muhlis juga berharap peluncuran logo dan maskot akan meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan Sail Morotai 2012. Maskot Sail Morotai 2012 adalah burung bidadari. Burung bidadari merupakan burung endemik asal Maluku Utara. "Burung bidadari seperti cendrawasih, tapi asal Halmahera," kata Muhlis.

Burung bidadari ditemukan Alfred Wallace sekitar 150 tahun lalu. Sementara itu, logo yang digunakan menggambarkan layar, bola dunia, dan lumba-lumba. Logo ini merupakan hasil sayembara yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Muhlis menjelaskan, layar menggambarkan kegiatan berlayar (sailing).

"Bola dunia berarti bahwa seluruh aktivitas bukan hanya untuk Morotai dan Indonesia, tapi negara-negara internasional. Sementara lumba-lumba simbol semangat," ujarnya.

Ia berharap logo menunjukkan bahwa Sail Morotai 2012 terbuka untuk masyarakat dunia. Sementara maskot, lanjut Muhlis, menyosialisasikan bahwa ada satwa endemik yang patut dilindungi dan dilestarikan.

"Burung bidadari bisa menjadi ikon wisata Maluku Utara," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com