Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Keliling Petak Sembilan...

Kompas.com - 31/01/2011, 16:22 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak masa Hindia Belanda, Imlek selalu perayaan meriah bagi etnis Tionghoa di Indonesia. Ada beberapa kawasan di Jakarta yang masih kental suasana turun-temurun melakukan ritual Imlek.

Jika Anda tertarik menapak tilas dan merasakan sisa-sisa nuansa tempo dulu, Anda bisa mengikuti wisata sejarah yang digelar oleh Komunitas Jelajah Budaya. Acara tersebut diberi tajuk Jelajah Malam: Tahoen Baroe Imlek di Pecinan. Sesuai namanya, acara tersebut akan berlangsung di malam hari pada tanggal 2 Februari 2011. Peserta wisata akan dibawa berkeliling daerah Petak Sembilan.

"Ada beberapa kelenteng dan melihat suasana malam tahun baru Imlek," kata Kartum Setiawan dari Komunitas Jelajah Budaya, Senin (31/1/2011).

Peserta dapat merasakan jalan-jalan di sepanjang jalan yang penuh dengan hiasan lampion. Selain itu juga dapat belajar sejarah dan budaya etnis Tionghoa di Jakarta. Kawasan yang akan dijelajahi adalah seputaran Pancoran sampai Glodok.

Peserta yang berminat ikut serta dalam acara tersebut hanya ditarik biaya Rp 60.000. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan air mineral, makan malam, pemandu dan sinopsis, serta tiket masuk obyek wisata.

Apabila Anda merasa kesusahan untuk berwisata di hari kerja, Anda bisa mengikuti Jakarta Heritage Trails: China Town Journey. Acara wisata sejarah dalam rangka Imlek tersebut akan berlangsung pada 6 Februari 2011. Area yang akan ditelusuri adalah kawasan Kota Tua Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com