Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Bandeng Imlek Diburu Pembeli

Kompas.com - 02/02/2011, 18:32 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Ikan bandeng di sejumlah pasar tradisional di Kota Makassar laris menjelang hari raya Imlek atau tahun baru Cina. "Ikan bandeng merupakan salah satu tradisi yang harus ada dan digunakan sebagai sajian pada saat sembahyang di rumah," kata Yance, di Pasar Terong, Makassar, Rabu (2/2/2011).

Ikan bandeng diyakini dapat membawa berkah dan rezeki, sehingga ikan bandeng banyak dicari warga keturunan menjelang Imlek, begitu pula dengan buah-buahan yang rasanya manis seperti jeruk manis, apel dan nenas.

Ikan bandeng yang laris dibanding beberapa hari sebelumnya, diakui salah seorang pedagang ikan di Pasar Terong, Makassar Hamdan. Permintaan ikan bandeng cukup tinggi sehari menjelang Imlek. Sebagai gambaran, saat ini dapat melariskan empat dus gabus ikan bandeng.

Padahal biasanya hanya laris dua dus bandeng per hari. Harga bandeng perdus rata-rata sekitar Rp 180 ribu-Rp 200 ribu. Namun menjelang Imlek naik menjadi Rp 250 ribu per dus.

"Dari penjualan ikan bandeng menjelang Imlek ini, bisa mendapatkan keuntungan sekitar 20-50 persen dibanding hari-hari sebelumnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com