Vihara Metta Didominasi Warna Kuning

Kompas.com - 02/02/2011, 21:48 WIB
EditorBenny N Joewono

SERANG, KOMPAS.com - Pakaian serba kuning yang dipakai ratusan anak-anak warga Tiong Hoa meriahkan rangkaian perayaan tahun baru Imlek 2562 di vihara Metta Kota Serang, Rabu malam (2/2/2011).

Pantauan di vihara, ratusan anak mengikuti rangkaian perayaan tahun baru imlek dengan berbagia kegiatan seperti menyanyi, perlombaan serta pembagian berbagai hadiah.

Mereka menggunakan pakaian serba kuning untuk merayakan imlek tahun ini yang melambangkan kebijaksanaan.

"Meskipun imlek itu selalu didominasi warna merah sebagai lambang kebagiaan, namun anak-anak disini selalu pakai kostum yang berbeda setiap tahun saat perayaan malam imlek," kata Vianika, pengasuh sekolah Minggu di Vihara.

Sebelum acara resmi ibadah dan doa saat detik-detik pergantian tahun, biasanya diisi dengan kegiatan anak-anak sekolah minggu dengan berbagai kegiatan memeriahkan perayaan tahun baru imlek.

Ketua Yayasan Avalokitesvara Sutanta Ateng mengatakan, perayaan imlek diwilayah Kota Serang dilaksanakan di sejumlah vihara diantaranya vihara Metta di Jalan Banten Lama Kebaharan dan di vihara Avalokitesvara di Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang.

"Perayaan imlek di Kota Serang biasanya dipusatkan di vihara Avalokitesvara karena merupakan vihara tertua di Banten. Sehingga banyak juga warga yang datang dari luar Banten," kata Ateng.

Kegiatan perayaan malam imlek biasanya dimulai sekitar pukul 22.00 WIB sampai pukul 00.00 WIIB malam perayaan tahun baru imlek dan dilanjutkan pada siang hari tahun barunya.

"Perayaan malam tahun baru imlek biasanya diisi doa sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan selama setahun, serta berharap tahun berikutnya kehidupan lebih baik," kata Sutanta Ateng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.