Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur Wisata Tanatoraja Rusak

Kompas.com - 03/02/2011, 22:54 WIB

MAKALE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tanatoraja mulai memfokuskan pembangunan infrastruktur jalan di sejumlah kawasan wisata di wilayah tersebut.

"Banyak kawasan wisata di Tanatoraja yang tidak ditunjang dengan infrastruktur jalan yang memadai, sehingga mengakibatkan kawasan wisata tersebut tidak terurus dengan baik," ungkap Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Tanatoraja, Gerson Papalangi, di Makale, Kamis (3/2/2011).

Selain itu, kondisi jalan yang rusak juga mengakibatkan semakin menurunnya jumlah pengunjung yang datang ke kawasan wisata tersebut.

Padahal, kawasan wisata di Tanatoraja sangat banyak dan memiliki potensi yang sangat besar dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Fokus pembangunan infrastruktur jalan ini sudah mulai dilakukan di sejumlah kawasan wisata, seperti di Buntu Burake, Pango-Pango dan sejumlah kawasan wisata lainnya," tuturnya.

Saat ini, proses pembangunan infrastruktur jalan di kawasan wisata tersebut sudah memasuki tahap survei untuk melihat kondisi jalan.

Hasil survei ini akan menjadi data untuk menentukan pembangunan jalan yang akan dilakukan, baik berupa pengaspalan, maupun dengan menggunakan beton.

"Kita akan lihat terlebih dahulu kondisi lokasi pembangunan atau perbaikan jalan, agar infrastruktur jalan tersebut bisa bertahan dalam waktu yang lama," katanya.

Masih cukup banyak kawasan wisata di Tanatoraja yang membutuhkan perbaikan infrastruktur jalan yang akan dilakukan secara bertahap.

Perbaikan itu, disesuaikan dengan besarnya anggaran daerah yang tersedia, mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah masih cukup terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com