Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongseng Jamur? Enak Juga...

Kompas.com - 04/02/2011, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Saya mendapatkan info tentang tempat Jejamuran dari seorang teman saya yang tinggal di Yogyakarta, katanya tempat ini harus diliput karena unik dan semuanya tentang jamur. Makanya dalam kesempatan kali ini saya pergi ke Yogyakarta, saya mau mampir ke Jejamuran ini.

Lokasi Jejamuran berada di Jalan Magelang Km. 11, Yogyakarta. Sekitar 800 meter utara perempatan Beran Lor. Meskipun baru berusia 3 tahun tapi rumah makan yang satu ini sudah cukup dikenal dan banyak penggemarnya. Semua jenis makanan disini serba berbahan dasar jamur dan setiap menunya pasti berbeda jenis jamurnya. Siang itu saya dan teman-teman mencoba makan sate jamur (jamur tiram) dan tongseng jamur (jamur merang). He-he... baru kali ini saya dengar tongseng tapi berbahan jamur, menarik kan?

Begitu pesanan datang yang pertama langsung saya coba adalah Tongseng Jamur. Rasanya enak lho, tidak beda dengan tongseng pada umumnya meskipun yang ini disajikan bukan dengan daging kambing, melainkan dengan jamur. Sate jamur nya juga enak, rasanya seperti sate usus…. pokoke uenak!

Setelah makan kami menyempatkan melihat bagian belakang rumah makan Jejamuran ini. Bapak Ratidjo, pemilik Jejamuran ini mengizinkan kami melihat beraneka jenis Jamur yang di budidaya di Jejamuran. Wahh... banyak sekali jamurnya, bentuknya pun beraneka ragam. Hebat ya Pak Ratidjo ini, bukan hanya sekadar budidaya jamurnya saja, tapi beliau bisa membuat inovasi makanan-makanan baru dengan jamur tersebut, contohnya ya seperti Tongseng Jamur dan Sate Jamur yang kami makan tadi.

Terima Kasih banyak ya Pak Ratidjo karena sudah mengizinkan kami melihat perkebunan jamurnya. Jejamuran memang tempat yang tepat untuk mencoba kelezatan jamur. Disini kita bisa menemukan aneka snack dan makanan yang semuanya terbuat dari jamur. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com