Sego Bandem Pak Mail

Kompas.com - 06/02/2011, 08:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Nah ini dia tempat perhentian berikutnya ketika saya berjalan-jalan ke Purwokerto, namanya adalah Gorengan/Sego Bandem Pak Mail. Saya selalu makan disini setiap kali saya berkunjung ke Purwokerto. Kalau anda bosan makan yang itu-itu saja, mungkin anda harus mencoba makanan unik ini. Lokasinya di Pasar Wage Purwokerto. Meskipun hanya makanan kaki lima, tapi saya sangat suka dengan rasa masakan Pak Mail ini.

Dalam bahasa Jawa, sego artinya nasi, sedangkan bandem artinya lempar. Dinamakan Sego Bandem, karena ukurannya yang hanya sekepal tangan. Kalau hari biasa berjualan dari jam 5 sore sampai jam 4 pagi. Dan kalau hari Minggu dari jam 5 sore sampai jam 5 pagi. Hari itu saya mampir sekitar jam 3 pagi, dan ternyata yang makan disitu masih ramai sekali.

Kali ini saya pilih menu ketupat, kalau nasi kan sudah biasa, jadi saya pilih ketupat. Ketupatnya dipotong-potong, diberi kuah bumbu kacang yang agak encer dan tampak sedikit pedas, terus kita memilih sendiri gorengan dan lauknya. Ada dage goreng,  tahu goreng, mendoan, sate ati, ampela, kerang, dan nugget. Gorengannya saya pilih dage goreng, dan bakwan. Kalau anda datang kesini, anda pasti tergiur dengan gorengannya he-he... Keliatan sangat enak-enak semua.

Begitu dicicipi, waahhh uenak tenan. Jos Gandos! Bumbu kacangnya lembut, tepat banget untuk disantap dengan ketupat. Dan ini dia yang jarang ditemui di tempat lain, yaitu dage; makanan yang unik. Saya suka sekali dage di tempat ini, tak terasa sudah 4 buah yang saya makan. Harga-harga disini super duper murahnya. Saya makan ketupat, gorengan dage 4 buah, 1 sate telur, 1 sate kerang, plus 2 bakwan hanya Rp 5.000. (Yudi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.