Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Gagal Penuhi Target Wisatawan

Kompas.com - 14/02/2011, 11:23 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Jawa Barat gagal memenuhi target kunjungan wisatawan domestik pada 2010 akibat penurunan daya beli masyarakat. "Jumlah wistawan domestik ke Jawa Barat sebanyak 34 juta orang pada 2010, di bawah target yang kami tetapkan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, Herdiwan I Suranta di Bandung, Minggu (13/2/2011).

Menurut Herdiwan, Jabar pada 2010 menargetkan kunjungan wisatawan domestik sebanyak 40 juta orang. Faktor daya beli masyarakat yang belum sepenuhnya pulih mengakibatkan tingkat kunjungan wisatawan domestik tidak bisa digenjot lebih banyak lagi.

"Semuanya terkait dengan daya beli masyarakat, namun pada 2011 ini kami optimistis 40 juta wisatawan domestik bisa terdapai," kata Herdiwan.

Di lain pihak, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Jabar meningkat signifikan atau 1,2 juta jiwa. Jumlah itu di atas target 700 ribu orang pada 2010. "Peningkatan ini tidak lepas dari penambahan destinasi wisata Jabar di lima lokasi, serta adanya rute langsung dari Singapura dan Malaysia ke Bandung," kata Herdiwan.

Sebagian besar wisatawan mancanegara itu dari Malaysia, Singapura, Eropa terutama Belanda serta Timur Tengah. Ke depan Disbudpar Jabar akan mengoptimalkan promosi wisata, salah satunya dengan menempatkan buku panduan wisata di maskapai penerbangan.

"Ke depan kami akan tempatkan buku panduan dan destinasi wisata di sejumlah maskapai penerbangan seperti Malaysia Air, Garuda, AirAsia dan lainnya," tambah Herdiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com