Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Targetkan 40 Juta Wisdom

Kompas.com - 22/02/2011, 20:48 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Jawa Barat menargetkan sejuta wisatawan mancanegara dan 40 juta wisatawan domestik pada 2011. "Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jabar pada 2010 mencapai 1,2 juta orang, meningkat signifikan. Tahun ini diharapkan tetap bisa lebih sejuta wisatawan mancanegara masuk Jabar," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, Herdiwan I Suranta di Bandung, Selasa (22/2/2011).

Menurut Herdiwan, peningkatan jumlah wisatawan mancanegara ke Jawa Barat, tidak lepas dari bertambahnya akses masuk langsung dari Malaysia dan Singapura ke Bandung.

Salah satunya melalui Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung yang rata-rata per harinya kedatangan sekitar 500 hingga 600 wisatawan mancanegara. Belum lagi yang masuk melalui Jakarta, Surabaya yang dibawa oleh agen perjalanan wisata maupun melakukan perjalanan sendiri ke sejumlah kota di Jabar.

Akses langsung Tol Cipularang yang mempercepat perjalanan Bandung-Jakarta, menjadi salah satu keunggulan bagi wisata Jawa Barat untuk menjadi kawasan yang wajib disinggahi oleh para pelancong dari mancanegara itu.

"Destinasi wisata Jabar terus meningkat, selain Bandung dan Pangandaran destinasi lainnya adalah Bogor dan Sukabumi. Diharapkan pengembangan wisata di kawasan itu mendorong peningkatan tingkat kunjungan wisata ke Jabar," kata Herdiwan.

Sementara itu, untuk meningkatkan minat wisata ke Jabar, Disbudpar Jabar mencetak booklet panduan paket wisata yang bisa ditempuh oleh wisatawan dalam satu waktu di satu kawasan.

"Buku destinasi wisata itu akan disisipkan dalam booklet di sejumlah maskapai penerbangan. Jadi mereka yang datang ke Bandung tidak hanya ke Tangkuban Parahu dan Cihampelas saja, namun ada beberapa lokasi yang bisa disinggahi dalam sekali perjalanan," kata Herdiwan.

Sementara itu, Jabar saat ini tengah menggenjot dua kawasan wisata yakni Sangkanhurip Kuningan sebagai kawasan peristirahatan di kaki Gunung Ciremai serta kawasan Pantai Cimaja Sukabumi yang memiliki gelombang terbaik di dunia untuk olahraga selancar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com