Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Kambing dan Teh Poci, Nikmat...

Kompas.com - 28/02/2011, 07:37 WIB

KOMPAS.com - Perjalanan wisata kuliner kami di kota Purwokerto kali ini ingin mencoba makan dari olahan daging kambing, nah kita coba sate kambing yuk. Memang belum lengkap rasanya kalau datang ke kota ini tanpa makan sate kambing. Karena banyak sekali sate kambing yang empuk, enak dan terkenal di kota Purwokerto. Nah kali ini kita mau mencoba salah satunya adalah Sate Kambing Muda Pak Yani.

Dulunya sate Pak Yani berlokasi di depan Pasar Gunung Jati (Pasar Pembimbing), tapi sekarang berlokasi di Jl. Jend Soedirman Blok A/17 (Ruko PJKA). Kalau Anda mau tahu sebenarnya pemiliknya bernama Bapak Mahyan tapi lebih terkenal dengan panggilan Pak Yani. Sate Pak Yani setiap hari buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam dan tempat ini selalu ramai pengunjung, karena di Kota Purwokerto ini cukup banyak juga penggemar sate kambing.

Sate Kambing Muda Pak Yani terkenal empuk karena dari daging kambing muda pilihan. Harganya Rp14.000 untuk 10 tusuk. Disini juga ada menu lainnya, seperti Gulai, Sop Iga, dan Tongseng. Dalam satu hari bisa laku sekitar 2.000 tusuk atau setara dengan 6 ekor kambing. Apalagi kalau menjelang hari raya Idul Fitri, bisa mencapai 12 sampai 15 ekor. Waah Banyak juga ya.

Sate kambingnya disajikan dengan bumbu kecap dengan irisan cabe, bawang merah dan tomat, kami coba memang dagingnya empuk, pokoknya mantab.

Menurut Pak Yani, beliau mempunyai pelanggan tetap mulai bupati setempat hingga artis Ibu Kota. Kalau Anda jalan-jalan ke Purwokerto, tak salah mencoba sate kambing ini, rasanya pokoknya mantab dan pas. Jangan lupa pesan teh poci, ini pasangan yang selalu kita temui kalau makan sate kambing di daerah Jawa Tengah. Tapi ingat kalau Anda yang kolesterol yang cukup tinggi sebaiknya dikurangi ya makanan dari olahan daging kambing. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com