Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisman ke Sumbar Anjlok

Kompas.com - 01/03/2011, 22:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara pascagempa Padang dan tsunami Mentawai menurun secara drastis. Secara makro, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) minus 16 persen pada tahun 2010 jika dibandingkan tahun 2009. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat Prita Wardhani saat ditemui Kompas.com dalam acara jumpa pers Tour de Singkarak di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (28/2/2011).

"Hal pertama yang dilakukan perbaikan kawasan destinasi-destinasi wisata. Kami koordinasi dengan setiap pemerintah kota untuk melakukan recovery," ungkap Prita. Misalnya, kawasan warisan budaya di Pariaman.

Ia menambahkan bahwa sebagian besar kawasan wisata tidak bermasalah. Hanya, akses menuju ke beberapa destinasi wisata perlu perbaikan. "Seperti kereta api, tidak bisa lewat karena ada longsor dan jembatan perlu diperbaiki," ungkapnya.

Ia menuturkan, pariwisata Sumatera Barat memang tengah dibenahi. Salah satu perkembangannya adalah kemunculan hotel-hotel baru. Selain itu, Sumatera Barat memiliki 12 desa wisata yang menjadi daya tarik wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com