Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedapnya Soto Kuning Pak Yusup

Kompas.com - 02/03/2011, 13:56 WIB

KOMPAS.com — Jalan Surya Kencana memang terkenal sebagai pusat jajanan. Dulu kala jalan ini adalah kawasan pecinan dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Bogor. Nah, kali ini kami ingin menceritakan salah satu soto yang cukup legendaris di kota ini, yaitu Soto Kuning Pak Yusup.

Pak Yusup berjualan sejak tahun 1970-an, dulu masih menggunakan pikulan dan berjualan keliling. Tapi sekarang beliau menggunakan gerobak dorong dan mangkal di trotoar (sebelah kiri jalan sebelum Gang Aut) dekat dengan ATM BCA, gerobaknya juga bersebelahan dengan bakso kikil Pak Jaka.

Soto Kuning Pak Yusup menggunakan santan dan berisi daging dan jeroan seperti usus, hati, babat, paru, limpa, otak, dan kikil. Kita bisa pesan Soto Campur atau bisa juga memilih sendiri daging dan jeroannya, dan akan dihitung per buah. Makannya tentu saja dengan nasi putih. Saya hanya memilih dagingnya saja karena memang saya membatasi makan jeroan, kolesterol euy. Mirip dengan soto betawi ya ada santannya, hanya saja soto khasnya kota Bogor ini  berwarna kuning.

Kuah soto kuningnya terasa sedap sekali, apalagi dimakan saat masih panas, wahh yummy sekali. Santannya berasa dan dagingnya juga empuk. Kalau Anda suka, bisa ditambahkan dengan sambal ijonya supaya lebih spicy. Tidak berasa nasi saya hampir habis karena keenakan makan soto ini, padahal saya masih ingin mencoba makanan yang lain. He-he... Rasanya memang benar-benar enak sih, enggak rela kalau tidak sampai habis makannya.

Tidak heran orang-orang sampai rela mengantre, bahkan ada yang makan sambil berdiri karena  tempat duduknya sangat terbatas. Soto Kuning Pak Yusup ini harus Anda coba kalau berkuliner ke Bogor, beliau mulai berjualan dari jam 2 siang sampai jam 9 malam. Harganya juga lumayan murah ko. Selamat mencoba Soto Kuning Pak Yusup. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com