Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Gemerlapnya Makau...

Kompas.com - 07/03/2011, 07:17 WIB

KOMPAS.com — Senang, akhirnya saya sampai juga ke Makau. Sebuah kota kecil bekas jajahan Portugis yang sejak tahun 1999 menjadi bagian dari wilayah Republik Rakyat Tiongkok (China). Kota yang berada di pesisir selatan China ini sungguh memukau. Gemerlap meski rembulan telah kantuk menanti ayam berkokok.

Lihat deh di foto-foto yang saya abadikan, hampir tiap bangunan memiliki pendaran cahaya yang tak hanya sebiji dua biji, bahkan banyak di antaranya memasang lampu di seluruh badan bangunan, terutama hotel-hotel bintang yang pada umumnya memiliki tempat kasino alias judi.

Saya dan Sophia ke Makau hanya transit, cuma semalam dan keesokan harinya saya mesti sampai di Hongkong, lokasi bertemunya kami nanti dengan kawan-kawan lainnya (Anvin dan Tina) yang ingin bergabung berwisata secara seruuuu! Alias, pergi aja begitu tanpa bantuan tour guide. Kami sendiri hanya bermodal:

1. Tiket pesawat murah

Penerbangan yang menyediakan tiket murah ke Makau sendiri adalah Viva Macau (dari Jakarta), Tiger Airways (dari Singapura) dan AirAsia (dari Kuala Lumpur). Saya dan Sophia menggunakan Tiger Airways yang berangkat dari Singapura pukul 16.30. Lama penerbangan ke Makau sekitar tiga jam. Tanpa perubahan waktu (sama dengan Singapura atau beda satu jam dengan Jakarta).

Satu tips bagi Anda yang ingin menggunakan jasa penerbangan Tiger Airways tanpa bagasi, sebaiknya pilih salah satu, antara menggunakan koper atau ransel. Jangan menggunakan dua-duanya. Karena ternyata berbeda dengan penerbangan lainnya, barang bawaan yang akan dibawa ke pesawat benar-benar ditimbang dan hanya boleh membawa satu tas besar. Menurut pihak maskapai penerbangan, tas backpack Sophia yang imut-imut itu adalah kategori ransel besar sehingga tidak boleh membawa koper lagi dan harus masuk ke bagasi yang harganya dihitung 18 dollar singapura.

2. Hotel murah nyaman

Karena benar-benar buta Makau (kami berdua sama-sama belum sempat riset karena sebelum berangkat sama-sama sibuk dengan urusan kantor masing-masing), akhirnya sampai di Bandara Makau kami memutuskan menggunakan taksi untuk sampai di tempat penginapan murah meriah yang kami pesan secara online. Dari bandara ke hotel tersebut, kami membayar 75 MOP (1 MOP = Rp 1.300).

Sebetulnya kita bisa menuju ke hotel dengan gratis, yaitu menggunakan shuttle bus Grand Lisboa, tapi bus ini terakhir beroperasi pada pukul 18.00, sedangkan kami datang sekitar pukul 20.05. So, pilihan kami menggunakan taksi tidak salah, toh supir taksi di sini (pengalaman saya) sangat jujur. Meski kami tidak tahu jalan, tapi dia tidak menyesatkan kami. Buktinya? Argo.

Dari depan, New Nan Pan Hotel di Avenida de D. Joao IV no 8-20 Andar, Makau memang tampak tidak meyakinkan. Pintunya sangat kecil untuk disebut hotel, pun untuk menuju ke hotel kami mesti melalui 3 lantai tangga yang tak lebar. Tapi, begitu kami sampai di tempat reservasi, waaah tempat penginapan ini so sweet!!! Kamarnya pun sangat nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com