Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Kopyor Alpukat? Hhmm...

Kompas.com - 09/03/2011, 08:29 WIB

KOMPAS.com — Daerah Pecenongan adalah salah satu lokasi favorit kami, terutama jika kami ingin berkuliner dari sore hingga larut malam. Ada juga yang buka hingga subuh dan bahkan ada juga yang 24 jam. Nah, kali ini kami coba mampir ke Es Sinar Garut Insan Putra Pak Haji Ucu. Penjual es yang satu ini sudah terkenal di mana-mana, bahkan banyak juga yang memakai nama yang sama. Saya rasa pasti Anda pun sudah pernah mendengar tentang Es Sinar Garut ini atau jangan-jangan sudah pernah mencobanya, si es kopyor alpukat atau es campur spesialnya yang yummy itu.

Yup, sewaktu kami datang malam itu memang cukup ramai dan ada juga pengamen yang sedang bernyanyi lagu-lagu tempo dulu. Tempat Sinar Garut cukup luas, walau hanya menggunakan tenda tetapi tempatnya tertata cukup rapi. Banyak juga pelanggan yang mengendarai mobil-mobil mewah lho. Meski sekarang hujan sering turun, itu tidak mengendurkan niat kami mampir ke tempat penjual es yang satu ini karena esnya enak dan akan selalu bikin kangen.

Es Sinar Garut Insan Putra Pak Haji Ucu merupakan pelopor penjual es di Pecenongan, kira-kira sudah ada sejak tahun 1958, bahkan sekarang di banyak tempat penjual es di sekitarnya memberikan embel-embel "Sinar Garut". Dulu pemiliknya adalah Pak Haji Ucu yang sekarang sudah diwariskan kepada anaknya.

Malam itu, kami pesan dua menu favorit kami, yaitu es kopyor alpukat dan es campur spesial. Saya rasa ini bukan hanya menjadi favorit saya, tetapi juga favorit banyak pelanggan lainnya di sini. Menu yang lain juga masih banyak lho yang bisa Anda nikmati. Masih banyak pilihan lain kok yang enak-enak. Tidak heran rasanya kalau Sinar Garut Insan Putra Pak Haji Ucu menjadi sangat terkenal karena semua bahan-bahan yang digunakan memang pilihan. Makanya kualitas dan kelezatan es racikan mereka masih terjaga sampai sekarang.

Es kopyor alpukat terdiri dari alpukat yang sudah dihaluskan, kemudian ditambahkan kopyor dan es serut, tidak ketinggalan susu coklat sebagai pelengkapnya. Perpaduan rasa yang menggiurkan ya he-he-he.... Bayangkan alpukat, kopyor, dan susu kental manis... wuih mantap, kan. Apalagi saya suka sekali dengan kelapa kopyor, makanya saya jadi gemar sekali dengan es kopyor alpukat di sini. Yummy banget rasanya.

Untuk es campurnya, penampilannya saja sudah sangat menggoda. Setumpuk es serut berwarna merah membubung menutupi isi dari es campur itu sendiri. Setelah kita pecahkan esnya, baru deh terlihat isinya seperti kolang-kaling, cingcau, tape, dan kelapa muda. Setelah kita aduk akan tercampur sirop dengan susu kental manisnya, dan juga es serut yang sudah mulai mencair. Nyam nyam... manis dan enak. Siapa coba yang tidak tertarik dengan es campur spesial? He-he-he.... (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com