Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagihan Jaminan Kesehatan Warga Berlipat

Kompas.com - 09/03/2011, 16:06 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Jumlah pembiayaan jaminan kesehatan untuk warga miskin di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah membengkak dua kali lipat pada 2010 lalu. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muntilan, Kabupaten Magelang harus membiayai orang miskin yang berobat sebesar Rp 6,7 miliar atau hampir dua kali lipat dari yang dianggarkan sebesar Rp 3,6 miliar.

"Membengkaknya jumlah pembiayaan itu karena ada kebijakan baru dari Bupati Magelang, bahwa warga miskin yang masuk kuota Jaminan Kesehatan Daerah(Jamkesda) digratiskan dari biaya pengobatan alias dibantu 100 persen," terang Direktur RSUD Muntilan Kabupaten Magelang, dr Sasongko, Rabu (9/3/2011).

Akibatnya, terjadi kekurangan tagihan Jamkesda sebesar Rp 3,1 miliar, dengan rincian tagihan untuk RSUD Muntilan Rp 1,7 miliar dan sisanya di beberapa rumah sakit pemerintah di luar Kabupaten Magelang, seperti RSUD Kota Magelang dan RSUD Dr Sardjito Yogyakarta.

Sebelum ada kebijakan itu, lanjut Sasongko, pembiayaan pengobatan warga miskin dibantu oleh pemerintah sebesar 50 persen. Dari kekurangan ini, pihaknya berharap agar dapat ditutup dengan APBD tahun 2011 yang saat ini masih dibahas bersama DPRD setempat. "Kalau tagihan ini tidak bisa dipenuhi, maka sudah pasti akan mengurangi pendapatan dari rumah sakit," imbuh dia.

Disebutkan, tahun 2010 pendapatan RSUD Muntilan ditarget sebesar Rp 17 miliar. Meskipun ada kekurangan pendapatan dari Jamkesda sebesar Rp 1,7 miliar, namun pihaknya sudah memperoleh pendapatan sebesar Rp 17,8 miliar atau sudah mencapai 105 persen dari target.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com