Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magnet di Pasar Apung Lokbaintan

Kompas.com - 13/03/2011, 12:43 WIB

MARTAPURA, KOMPAS.com — Pasar Apung Lokbaintan di Desa Lokbaintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta warga Banjarmasin dan sekitarnya.

Setiap hari Minggu dan hari libur, pasar ini selalu ramai dikunjungi meski jumlah pedagang tak sebanyak tahun 1980-an.

Pasar yang berada di tepi Sungai Martapura dan beroperasi sejak subuh hingga sepi pada pukul 09.00 itu tak hanya ramai oleh wisatawan yang datang dengan menyewa perahu kelotok secara rombongan, tapi juga pencinta fotografi dan warga yang berolahraga menggunakan sepeda gunung.

Bagi pencinta fotografi, misalnya, salah satu tempat favorit untuk mengabadikan suasana pasar adalah dengan naik di atas jembatan gantung yang melintang di atas pasar. Mereka bisa membidik aktivitas barter, jual beli antarpedagang, maupun perilaku ramah pedagang dan wisatawan dari atas.

Adapun pencinta sepeda, selain menikmati suasana pasar, mereka juga menyukai kondisi jalan darat dari arah Desa Sungai Lulut menuju ke lokasi pasar yang kondisinya tidak lagi mulus. Kubangan dan permukaan aspal yang bopeng rupanya menambah keasyikan bersepeda.

Di pasar ada beraneka barang, terutama kebutuhan pokok dan hasil bumi, yang diperjualbelikan menggunakan perahu kecil (jukung) yang sebagian di antaranya tidak dilengkapi mesin. Seperti Minggu (13/3/2011) pagi ini, hasil bumi yang mencolok diperjualbelikan adalah jeruk siam banjar, buah ketapi, dan pisang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com