Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Makan di Gado-gado Direksi

Kompas.com - 23/03/2011, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Kalau ada orang bertanya kepada saya dimanakah tempat makan gado-gado terenak di Jakarta, maka jawaban saya adalah Gado-Gado Direksi dan Gado-Gado Taman Sari. Karena sampai saat ini baru di dua tempat inilah saya bisa menikmati kelezatan sayuran berbumbu kacang itu. Tapi kali ini yang akan saya ulas adalah tentang Gado-Gado Direksi yang ada di daerah Glodok, tepatnya di Jl. Pintu Besar Selatan 2 nomor 16, Jakarta Barat. Hari ini kami memang sengaja ingin makan siang disini, kangen dengan gado-gadonya.

Gado-Gado Direksi ini sudah lumayan lama berdiri, yaitu sejak tahun 1967. Awalnya di kelola langsung oleh pemiliknya yaitu Ibu Sinta Dewi (Sie Man Tjauw), tapi kemudian Ibu Giok Lie meneruskannya hingga sampai saat ini. Dan Ibu Giok Lie dengan sangat ramah menceritakan bahwa tempatnya sering didatangi oleh orang-orang terkenal dan juga sering sekali menerima pesanan dari para selebritis Ibu Kota. Padahal tempatnya sangat sederhana sekali lho, nah tapi justru itulah kehebatannya, meskipun sangat sederhana tapi kelezatan rasanya sudah terkenal kemana-mana. Bahkan mereka tidak segan untuk makan langsung di warung sederhana Ibu Giok Lie ini.

Kami pesan gado-gado, ayam goreng dan juga lumpia sayur yang tampak lezat itu. Sambil menunggu bumbu kacangnya diulek, kami menikmati sepotong lumpia sayur yang sudah dipotong-potong dan di beri sambal kacang. Rasa Lumpianya lumayan enak, ukurannya mantap deh. Makan satu saja sudah berasa kenyang he-he...

Sekitar 10 menit kemudian, gado-gado kami sudah jadi. Aneka sayuran yang direbus di siram dengan bumbu kacang, looks so yummy. Ada kerupuk udang dan empingnya juga lho menghiasai gado-gadonya. Yang pertama saya cicipi adalah bumbu kacangnya, mmm.. rasanya enak sekali lho, manisnya pas, legit, dan gurih ada sedikit rasa pedasnya. Kalau Anda suka pedas juga bisa minta untuk di tambah cabenya pada saat mereka mengulek bumbu kacangnya, atau tidak mau pedas sama sekali juga bisa.

Sekarang saya cicipi sayuran yang sudah tercampur bumbu kacangnya, nyam nyam.. enak tenan. Anda belum belum pernah mencoba Gado-gado Direksi, sekarang saatnya mencoba, ini enak he-he... O iya saya juga sempat bertanya kenapa diberi nama Direksi. Dan Ibu Giok Lie menjelaskan bahwa dulu banyak sekali direksi-direksi bank-bank yang ada di daerah Glodok ini makan gado-gadonya, dari situlah orang-orang menyebutnya Gado-Gado Direksi. Owww begitu toh ceritanya. Pantas saja para direksi itu senang dengan gado-gadonya, wong rasanya enak banget kok.

Ayam Gorengnya juga enak lho, bumbu kremesannya banyak dan enak sekali rasanya, saya sampai asyik makan kremesannya terus dari tadi he-he... Akhirnya saya cicipi juga daging ayamnya, rasanya... ? Enak !! asin, gurih, dan kremesannya tiada duanya. Ayam yang digunakan dsini adalah ayam kampung, jadi memang teksturnya tidak terlalu lembut tapi enak, kalian juga harus cobain yang satu ini.

Jadi kalau ingin makan siang enak dan tidak mahal, datang saja ke Gado-Gado Direksi, gado-gado dan ayam goreng-nya yummy banget. O iya tapi ada baiknya telepon dulu kesini untuk memastikan buka atau tidak dan jangan kesorean ya, karena Ibu Giok Lie hanya berjualan sampai jam 4 sore saja. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com