Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Bali Kehilangan Rp 2,5 Miliar Per Malam

Kompas.com - 25/03/2011, 17:16 WIB

KUTA, KOMPAS.com — Pascagempa dan tsunami yang melanda Jepang pada 11 Maret lalu, kunjungan wisatawan asal Negeri Sakura ke Bali mengalami penurunan cukup drastis. Dari data yang dimiliki oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, dua minggu pascagempa dan tsunami, rata-rata seluruh hotel di Bali kehilangan 2.800 kamar dari turis Jepang setiap malamnya.

"Sampai saat ini penurunan wisatawan Jepang ke Bali mencapai 60 persen," kata Wakil Ketua PHRI Bali Rai Surya Wijaya saat ditemui seusai peresmian Sub Dit Pariwisata baru-baru ini.

"Jika rata-rata per kamar 100 dollar, kalikan 2.800 saja," imbuhnya. Jika ditotal, rata-rata Bali kehilangan Rp 2.520.000.000 per malam dari wisatawan Jepang.

Banyaknya pembatalan kunjungan wisatawan Jepang ke Bali ini lebih pada faktor solidaritas yang dimiliki warga Jepang saat negaranya tertimpa musibah. "Solidaritas mereka kepada sesama sangat tinggi, mereka fokus untuk membangun negara mereka pascagempa dan tsunami," ungkap Rai Surya.

Wisatawan asal Jepang merupakan salah satu pasar potensial pariwisata Bali. Pada tahun 2010, tingkat kunjungan wisatawan Jepang termasuk tiga besar di bawah Australia dan Eropa. "Diperkirakan kondisi ini akan terjadi hingga Oktober nanti, dan kedatangan mereka akan kembali normal pada awal tahun 2012," jelas Rai Surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com