Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Nusantara Bumbu Tjobek

Kompas.com - 28/03/2011, 08:41 WIB

KOMPAS.com - “Ada resto baru nih,” ujar suami saya. Yup, dia dapat brosur di lobby depan apartemen. Brosur tentang Bumbu Tjobek, sebuah restoran baru di Jl. Podomoro Avenue, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Tampaknya memang menarik, besok Minggu kita cobain deh.

Akhirnya hari Minggu malam kemarin saya, suami dan sahabat saya pergi makan ke Bumbu Tjobek, tepatnya berada di area ruko Podomoro City, dekat dengan mal Central Park. Begitu parkir, kami bergegas masuk ke restonya karena perut kami sudah keroncongan he-he... Desain interiornya bagus, dan tampak pajangan yang terbuat dari cobek, lucu juga idenya mungkin biar sesuai dengan nama restonya. Tumpukan cobek batu pun tampak di meja belakang, dijadikan pajangan juga. Restonya juga terdiri dari dua lantai, tempatnya bersih dan nyaman. Alunan instrumen musik jawa pun terdengar sayup-sayup, jadi terasa semakin adem he-he...

Menu yang ditawarkan oleh Bumbu Tjobek ternyata kumpulan menu daru seluruh nusantara, seperti sop buntut goreng balado, ayam goreng betawi, soto lamongan, soto banjar, ikan woku belanga, dan masih banyak lagi.  Suami saya tertarik dengan Sop Buntut Goreng Balado-nya, sedangkan Ecy sahabat saya kepengen Ikan Kuwe Rica-Rica. Kalau saya justru tertarik dengan Ayam Goreng Betawi dan Nasi Bakarnya.

O iya satu lagi, kami juga pesan Jamur Crispy, sambalnya juga bisa minta pedas atau sedang. Duh kedengarannya enak-enak, semoga enak ya makanannya. Sebenarnya masih banyak menu lain yang menggoda mata kami, seperti Udang Bakar, Gurame Goreng Rica-Rica, dan Ikan Woku Belanga.... tapi rasanya nggak akan mungkin kami bertiga menghabiskan semuanya he-he-he...

Akhirnya pesanan kami datang satu persatu. Nasi bakar pesanan saya masih terbungkus daun dan masih panas ketika disajikan, begitu saya buka ...wah wangi euy. Isinya nasi yang dicampur dengan ikan teri medan, nyam nyam...enak lho. Yang lain pun jadi ingin mencicipi juga. Sekarang giliran ayam goreng betawinya saya cicipi, ayam goreng kuning yang disajikan sambal pedas dan diatasnya diberi bumbu serundeng, yang ini pun enak banget. Daging ayamnya empuk dan terasa bumbunya, apalagi setelah dicampur dengan bumbu serundeng dan sambalnya... wah enak sekali lho.

Selanjutnya saya cicipi Buntut Goreng Balado, wuih.. bumbunya enak sekali. Campuran bawang merah dan cabai, yummy. Buntutnya pun terasa empuk. Yang ini harus anda cobain, enak banget soalnya. Kuah sopnya pun lezat lho. Mantap nih sop buntut goreng baladonya, recomended banget.

Kemudian si Ikan Kuwe Bakar Rica-Rica datang ke meja kami dan tampak begitu menggiurkan, bumbu cabainya menutupi seluruh badan ikannya. Saya cuil sedikit, ... nyam .. enak tenan, daging ikan yang segar bercampur dengan bumbu rica yang pedas, mantap!!! Apalagi dimakan dengan nasi hangat, jadi tambah nikmat hehe. Si Ecy pun tampak lahap, meskipun kepedasan tapi dia tetap mencocol sambelnya. Suami saya pun tampak puas sekali dengan makanannya. O iya satu lagi yang belum saya coba, yaitu Jamur Crispy ... ini adalah salah satu menu favorit saya, jamur yang digoreng tepung. Cruncy... dan gurih,  ini enak banget lho.

Tidak terasa sudah hampir satu jam kami disini, perut sudah sangat kekenyangan ... mantap deh makanan disini. Kalian harus cobain menu-menu andalan mereka seperti Sop Buntut Goreng Balado dan Ikan Kuwe Bakar Rica-Ricanya. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com