Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Mie Wahid Hasyim

Kompas.com - 29/03/2011, 08:56 WIB

KOMPAS.com - Soto mie yang satu ini boleh Anda coba, namanya adalah Soto Mie Wahid Hasyim. Dulu soto mie ini berjualan dibawah pohon tua berukuran besar. Posisinya di sebelah kiri jalan, kalau Anda dari arah Sarinah ke Tanah Abang. Dan sudah ada sejak tahun 1969, dulu dirintis oleh Bapak Haji Acep. Hmm.. sudah cukup lama juga ya, sudah lebih dari 40 tahun lho.

Nah saat ini soto mie Wahid Hasyim ini sudah pindah lokasinya, tapi tidak jauh kok, kira-kira 100 meter dari tempat lama (sebelum Jalan Kebon Kacang). Dan ada tulisannya juga “pindahan dari Pohon Besar”, jadi jangan sampai salah pilih ya he-he... Pastinya mereka sudah banyak memiliki pelanggang makanya bisa bertahan sampai selama ini, dan menurut penjualnya yang menjadi langganan tetap mereka kebanyakan adalah pedagang tekstil yang berjualan di Tanah Abang. Tempatnya sih tidak terlalu besar, tapi cukup bersih.

Dan kali ini kami sengaja datang kesini bersama teman kami yang baru datang dari Bali, dan mereka semangat sekali ikut berwisata kuliner bersama tim Doyan Makan.  Apalagi untuk mencoba soto mie Wahid Hasyim, mereka tampak antusias sekali.

Sembari menunggu soto mienya matang, kami juga sempat mencicipi kue pastel dan risole yang dijual disitu, lumayan enak juga. Tidak sampai 10 menit, soto kami pun sampai. Sotonya berkuah bening dan tidak berminyak, aroma kaldunya juga sangat harum. Rasa kuahnya... mmm yummy, enak lho dan yang saya suka adalah ini tidak berlebihan minyaknya. Nah isinya adalah lobak, mie, bihun, daging/kikil sapi, kol, potongan tomat dan daun seledri, dan ditaburi emping. Dagingnya sendiri termasuk empuk lho.

Soto mie pada umumnya pakai risole yang sudah dipotong-potong, tapi kalau di disini risole-nya disajikan terpisah, sebagai makanan tambahan. Dan selain risole disini juga ada pastel, perkedel, dan juga keripik paru. Soto Mie memang enak ya kalau di makan pagi hari atau malam hari, dengan kuahnya yang hangat dan sedap itu membuat badan jadi hangat. Harga soto mie disini juga tidak mahal, satu porsinya di hargai Rp 15.000 saja tapi isinya mantap lho.

O iya di depan soto mie di Jalan Wahid Hasyim, Jakpus, ini juga ada penjual kue rangi dan kerak telor khas betawi, kami juga sempat beli kue ranginya sambil tunggu soto mie nya datang. Selamat mencoba ya teman-teman. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com