Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Purwokerto? Ya, Tempe Mendoan

Kompas.com - 30/03/2011, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Purwokerto adalah kota yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Banyak kuliner enak dan murah, setiap kali lewat ke kota ini, pasti yang pertama di cari adalah makanannya. Di kota ini banyak sekali makanan dan jajanan enak, terkenal dan yang jelas murah. Perkembangan kota Purwokerto sendiri sangat pesat beberapa tahun terakhir dengan banyaknya pusat bisnis baru, juga dengan kulinernya.

Nah kali ini kita mau mampir ke toko yang berjualan jajanan dan oleh-oleh khas Purwokerto, namanya Eco 21, lokasinya di Jalan Jenderal Soetoyo nomor 21 (lebih dikenal daerah Sawangan). Disini terkenal banget dengan kripik tempe dan mendoannya. Tempe kripiknya disini terasa lebih tebal, tapi renyah. Jadi ada 2 macam ukuran kripik tempe, kecil dan besar.

Anda pernah makan tempe mendoan? Tempe asli Purwokerto ini memang agak unik, banyak yang mengira makan tempe yang digoreng setengah matang atau kalau orang jawa bilang mendo (setengah matang) bisa jadi sakit perut.  Proses pembuatan tempe ini dimuali dengan pemilihan biji kedelai lalu dibersihkan dan dibelah jadi dua, lalu diletakkan di atas daun pisang, dalam 1 bungkus biasa terdapat 4 lapis, biji kedelai dalam waktu sekitar 2 hari akan mengeluarkan jamur (proses fragmentasi).

Di Eco 21 beli tempe mendoan juga bisa dipotong kecil, bisa juga besar. Tempe mendoan digoreng dengan tepung ditambah dengan daun bawang dan minyak yang cukup banyak akan lebih enak, pasangan teman makan tempe mendoan adalah sambal kecap atau cabe rawit, kalau di Eco 21 sudah tersedia juga racikan sambal kecapnya.

Makan tempe mendoan yang masih panas dan ditambah sambal kecap rasanya memang mantap. Bagi penggemar tempe mendoan, di Eco 21 bisa beli tempe yang masih belum jadi beserta tepung dan sambal kecapnya khas Eco 21. (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com