Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata ke LN Banyak Manfaatnya

Kompas.com - 31/03/2011, 08:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat orang Indonesia berwisata ke luar negeri, ia akan belajar mengenai kebiasaan positif dari masyarakat di negara tersebut. Malah bisa jadi akan menerapkannya saat kembali ke Indonesia. "Misalnya ada yang ke Singapura. Saat balik ke Indonesia, dia malu kalau buang sampah sembarangan. Karena dia pernah ke Singapura dan lihat bersihnya di sana. Dia jadi punya pikiran ingin supaya bangsa Indonesia seperti itu," kata Tedjo Iskandar dari TTC.

Ia mengungkapkan hal tersebut pada acara "TTC Travel Mart Internasional Buyers Meet Sellers Michael Jackson Niten" di Hotel Le Grandeur Mangga Dua, Jakarta, Rabu (30/3/2011). Karena itu, lanjutnya, orang Indonesia yang wisata ke luar negeri tidak hanya bisa dilihat sebagai kebocoran devisa saja.

TTC Travelmart Internasional merupakan acara roadshow yang mempertemukan biro perjalanan wisata (BPW) dari luar negeri dengan BPW lokal. Acara ini dilakukan dua kali dalam setahun. Rangkaian roadshow kali ini telah berlangsung Surabaya pada 28 Maret 2011 dan hari ini di Jakarta.

"Yang hari ini ada 112 seller dari negara Singapura, Hongkong, Bangkok, Malaysia, India," kata Tedjo.

Ia menuturkan BPW luar negeri yang datang adalah BPW yang biasa menangani rombongan dari Indonesia. "Malah ada yang dari Bangkok, lancar sekali bahasa Indonesianya," ungkapnya.

Sementara itu dari pihak lokal, selain BPW juga hadir hotel-hotel yang ada di Jakarta. Sedangkan untuk acara TTC Travelmart Nusantara akan diadakan pada bulan Agustus 2011. Acara ini akan mempertemukan sesama BPW Indonesia yang menawarkan Indonesia sebagai destinasi wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com