Wow, Tanaman "3 in 1" dalam Satu Pohon!

Kompas.com - 06/04/2011, 16:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Jambu biji sukun, jambu biji variegata, dan jambu biji merah getas dalam satu pohon. Tak percaya? Coba saja mampir ke Taman Wisata Mekarsari (TWM), Bogor. Anda tidak hanya sekadar melihat tanaman "3 in 1" tersebut, tapi juga belajar membuatnya. Uniknya, pelatihan untuk tanaman kombinasi tersebut menggunakan media pot. TWM memang terkenal dengan tabulampot alias tanamanan dalam pot.

"Mekarsari memang bukan pertama yang mengkreasikan tabulampot. Tapi kami yang termasuk mempopulerkannya. Sudah lebih dari lima tahun mengembangkan tabulampot," kata Staf Produksi Kebun Koleksi TWM, Melinda Tunjung Wulan. Tabulampot termasuk yang banyak digemari oleh pengunjung TWM. Garden Center, tempat pengunjung bisa membeli tabulampot pun tak pernah sepi pengunjung.

Tabulampot bisa menjadi solusi untuk membuat taman di lahan yang sempit. Di TWM, hampir berbagai jenis tanaman dalam pot bisa ditemukan, mulai dari tanaman hias sampai pohon berbuah. Tabulampot kombinasi juga menjadi incaran pengunjung. Karena itu, sebagian besar tabulampot kombinasi habis terbeli. Tabulampot kombinasi merupakan satu pohon yang terdiri dari beberapa varietas tanaman buah yang berbeda.

Tabulampot bisa menjadi solusi untuk para penggemar tanaman buah tapi memiliki luas lahan terbatas. Karena, pecinta tanaman buah pun dapat menikmati berbagai jenis buah hanya dengan menanam dan merawat satu pohon. Tabulampot pun bernilai ekonomis karena harga jualnya yang relatif tinggi. Walau begitu, cara penanamannya pun relatif mudah.

"Tadinya saya mau mengajarkan tanaman dengan media air. Tapi menurut saya, ini lebih simple untuk anak-anak sekolah dasar. Kalau saya lihat, anak-anak pun sanggup membuat tabulampot kombinasi," kata Ida (36), seorang guru sekolah dasar yang juga peserta Demo Agro Gratis "Membuat Tanaman Buah 3 in 1".

Setiap bulan di area Garden Center memang biasa mengadakan Demo Agro Gratis untuk pengunjung Mekarsari di setiap hari Minggu pada pukul 11.00 dan 13.00. Demo Agro Gratis tersebut memiliki tema yang berbeda-beda setiap bulannya. Misalnya di bulan Maret, tema yang diangkat adalah pengolahan daun sirsak menjadi minuman yang berkhasiat untuk kanker.

"Tema yang dipilih tergantung apa yang sedang tren atau orang tertarik jenis apa," kata Melinda.

Khusus selama bulan April, demo agro menampilkan tabulampot kombinasi. Tanaman apa saja yang bisa dijadikan Tabulampot Kombinasi? Menurut Public Relations TWM Putri Ayu Pratami, hampir semua tanaman bisa dijadikan tabulampot.

"Asal dari satu spesies yang sama. Kami mengembangkan yang tiga varietas dalam satu tanaman. Tapi sebenarnya bisa saja sampai delapan varietas, asal rajin dan telatan merawatnya," tambahnya.

Pihak TWM sendiri mensuplai bibit atau tanaman yang sudah jadi. Selain itu, TWM juga mengadakan pelatihan untuk pengunjung yang berminat untuk menanam tabulampot kombinasi di rumah. Harga tabulampot sekitar Rp 40.000 - Rp 50.000. Khusus untuk peserta demo agro akan mendapatkan diskon khusus sebesar 20 persen.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.