Bakmi Kadin Yogyakarta

Kompas.com - 08/04/2011, 08:47 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Bakmi yang satu ini sudah cukup terkenal di Jogja, namanya Bakmi Kadin. Bakmi Kadin berlokasi di Jl. Bintaran Kulon No, 3 & 6 (sebelah wartel Kadin). Bakmi Kadin ini juga dikenal sebagai "Bakmi Kadin Mbah HJ. Karto/Pak Rochadi". Pendiri Bakmi Kadin adalah Mbah HJ. Karto pada tahun 1947, sedangkan penerusnya adalah Bapak Rochadi.

Dan dari zaman Presiden Soeharto, Bakmi Kadin salah satu tempat makan favorit kalau beliau sedang ke Yogyakarta. Nah di Bakmie Kadin menu makanan khas atau yang terkenalnya adalah bakmi godok (rebus) atau bakmi goreng. Yuuk kita cobain.

Di sini tersedia juga bakmi Kadin Special, bakmie menu bisa yang isinya ditambah dengan hati/ampela/sayap/kepala ayam. Bahan-bahan yang digunakan adalah mie, bawang goreng, ayam, kol, telor, tomat, daun bawang dan kekian. Enak lho...khas jawa banget hehe. Masaknya juga masih tradisional banget di Bakmi Kadin, yaitu masih menggunakan arang. Karena menurut penjualnya, menggunakan arang panas apinya pas banget.

Oh iya Terdapat juga minuman khas Bakmi Kadin, yaitu "Bajigur", bahan utama Bajigur adalah kopi, gula aren dan santan, jarang lho bajigur di jual di tempat makan. Malah saya belum pernah nemu penjual makanan dengan menu minuman bajigur.

Bakmi Kadin buka mulai jam 10 pagi, tutup sampai dengan kira-kira jam 12 malam, dalam 1 hari penjualan Bakmi Kadin bisa mencapai 500 porsi, wow cukup banyak bukan? Sedangkan pelanggan dari Bakmi kading juga banyak yang dari luar kota, antara lain; Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo dan lain-lain. Bakmi Kadin kini telah membuka cabangnya di Jakarta  lho, tepatnya di daerah Kelapa Gading. (Yudi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.