Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resto Milik Raja Judi

Kompas.com - 15/04/2011, 09:37 WIB

RESTORAN Jumbo Kingdom di Hong Kong terdiri dari dua restoran besar, yaitu Jumbo Floating Restaurant dan Tai Pak Floating Restaurant. Lokasi dua restoran ini saling berdekatan di Pelabuhan Aberdeen, Hongkong. Sama-sama dilingkupi atmosfer tradisional China, dua restoran ini hanya berbeda dalam sejarah tahun pembuatan dan kapasitas pengunjung.

Tai Pak Floating Restaurant lahir lebih dulu pada tahun 1952. Sangat terkenal di kalangan penduduk lokal maupun turis asing, restoran ini banyak dikunjungi pejabat hingga kalangan artis dunia. Beberapa nama terkenal yang tercatat dalam daftar pengunjung adalah Ratu Elizabeth II, aktor Tom Cruise, serta legenda Holywood John Wayne dan Elizabeth Taylor yang meninggal pada bulan Maret lalu.

Restoran ini juga pernah menjadi lokasi pengambilan beberapa adegan film, seperti Love is a Many Splendored Thing (1955) dan The God of Cookery (1996). Tai Pak Floating Restaurant mampu menampung hingga 400 pengunjung. Desain kapal yang digunakan sebagai restoran sengaja meniru bentuk bangunan istana kekaisaran China.

Pada 30 Oktober 1971, Jumbo Floating Restaurant selesai dibangun, tetapi kemudian terbakar sebelum sempat diresmikan. Jumbo Floating Restaurant dibangun kembali pada 1976 oleh raja judi, Stanley Ho, yang juga pemilik kasino di Makau dengan biaya pembangunan lebih dari 30 juta dollar Hongkong.

Saat ini Jumbo Kingdom menjadi anak perusahaan dari Melco’s Leisure and Entertainment. Tak sekadar restoran, Jumbo Kingdom telah menjadi taman wisata laut yang modern serta arena atraksi budaya. (WKM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com