Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo Wajib Dilindungi

Kompas.com - 15/04/2011, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komodo, sebagai salah satu satwa langka di Indonesia, butuh perlindungan agar tidak punah. Oleh karena itu, pada Mei 2011 akan diresmikan Komodo Indonesiaku Foundation yang bertujuan untuk menjaga habitat komodo sekaligus memperkenalkan komodo ke masyarakat.

"Rencananya di Pulau Komodo acaranya. Di sana akan ada workshop dan juga lomba foto. Dijadwalkan akan hadir juga Putra Sastrawan yang merupakan master komodo," tutur aktivis komodo, Zeby Febrina kepada Kompas.com di Plaza Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jumat (15/4/2011).

Ide Komodo Indonesiaku Foundation ini berawal dari permintaan para pemandu wisata yang kerap kesulitan memberikan informasi kepada turis mengenai komodo. Untuk menyeragamkan informasi, dihadirkan Putra Sastrawan guna berbagi ilmu sekaligus memberi penjelasan tentang komodo.

Peluncuran Komodo Indonesiaku Foundation ini akan dilaksanakan pada 25-29 Mei 2011 di Pulau Komodo. Nantinya akan ada workshop dan lomba foto yang boleh diikuti oleh jurnalis dan umum. Hanya 20 peserta lolos seleksi lomba yang berhak ikut ke Pulau Komodo, yakni 10 dari jurnalis dan 10 dari umum. Selanjutnya, foto mereka akan dipamerkan pada 6-12 Juni 2011.

Selama di Pulau Komodo, mereka akan melakukan workshop dan praktik lapangan berupa field trip ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca Kampung Modo. Selain itu, juga akan disediakan stan khusus yang diberi nama Destinasi Komodo. Stan ini akan membagikan informasi tentang seluk-beluk komodo itu sendiri.

"Ini masih dipersiapkan dulu semuanya. Kami juga mengundang menteri-menteri yang berkaitan untuk hadir. Salah satunya, Fadel Muhammad selaku Menteri Kelautan dan Perikanan. Rencananya nanti ada lomba foto bawah laut juga," ujar Zebi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com