Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo Melancong ke Abu Dhabi

Kompas.com - 16/04/2011, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam waktu dekat warga Abu Dhabi dapat melihat langsung komodo di kebun binatang Abu Dhabi. Aktivis komodo, Zebi Febrina, mengatakan bahwa Abu Dhabi akan melakukan barter dengan Indonesia.

"Saat saya berkunjung ke Abu Dhabi, pemerintah setempat meminta komodo dari Indonesia untuk dapat ditempatkan di kebun binatang Abu Dhabi. Sebagai gantinya mereka akan memberikan hewan untuk ditaruh di kebun binatang di Indonesia," kata Zebi kepada Kompas.com saat pencanangan Kampung Komodo di Plaza Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jumat (15/4/2011).

Sebelumnya, komodo dari Indonesia sudah pernah dikirim ke Hongaria dan ditempatkan di kebun binatang di sana. Perawatan yang dilakukan pun sama seperti yang dilakukan di Indonesia. Bahkan, lingkungan tinggal selama di kebun binatang pun disulap seperti habitat aslinya.

"Masalah bagaimana komodo tinggal di luar habitatnya tidak perlu dikhawatirkan. Semuanya disesuaikan sama seperti di Indonesia. Pengaturan temperatur juga sangat diperhatikan saat musim dingin tiba," ujar Zebi.

Komodo merupakan hewan yang biasa hidup di iklim tropis dan tidak tahan terhadap suhu udara yang terlalu dingin. Oleh karena itu, pihak kebun binatang di luar negeri sudah menyiapkan habitat yang memang sesuai dengan komodo.

"Untuk masalah tempat tinggal komodo tidak perlu khawatir. Yang perlu dilakukan adalah pembicaraan dengan pemerintah tentang pertukaran ini. Karena ini kan menyangkut negara," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com