Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empal Gentong Bu Darma

Kompas.com - 18/04/2011, 09:58 WIB

KOMPAS.com — Wuih keren ya judulnya, "Empal Gentong Bu Darma, Tribute to Cirebon". Ya,  itulah yang tertulis di pelang nama Empal Gentong Bu Darma yang legendaris itu. Makanya, saya harus mencoba empal yang satu ini. Saya ingin mencicipi kedahsyatan rasanya yang banyak dibicarakan orang-orang Cirebon. Meskipun tadi saya sempat nyasar-nyasar untuk mencari tempat Bu Darma ini, he-he-he... maklum saya belum hafal dengan jalanan Cirebon. Tetapi demi merasakan kelezatannya, saya niat bertanya sana sini dan akhirnya sampai juga deh di Empal Gentong Bu Darma setelah mutar tiga kali.

Empal yang satu ini memang sangat terkenal di Cirebon, bahkan sekarang banyak sekali empal gentong yang memakai nama "Darma". Padahal, menurut Ibu Tiah, generasi penerus dari Bu Darma ini mengatakan bahwa empal gentong Bu Darma tidak membuka cabang di mana-mana, hanya ada satu empal gentong Bu Darma yang asli, yaitu yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 1 Cirebon. Empal Gentong Bu Darma sudah ada sejak tahun 1950 dan dulu masih keliling. Baru sejak tahun 1980-lah mereka mulai mangkal. Dan tempat mangkal terlama ya yang di Jalan Slamet Riyadi ini.

Sewaktu kami datang ke situ adalah sekitar pukul 10.00 dan ramainya luar biasa, semua tempat duduk penuh sesak. Di depannya ada pikulan yang berisi gentong yang terbuat dari tanah liat dan di dalamnya berisi empal. Lalu ada seorang bapak yang dengan cekatannya memotong daging dan babat, kemudian ada lagi seorang pelayan yang sedang menuangkan kuah-kuah empal dari gentong ke mangkok-mangkok yang sudah terisi daging.

Begitu kami duduk, kami disuguhi kerupuk rambak yang besar-besar. Wahhh... keliatannya enak sekali nih rambaknya. Teh hangat pun tersaji di meja. Tidak lama kemudian empal gentong kami datang. Empal gentong berkuah kuning pekat serta berisi daging, babat, iso dan ditaburi dengan daun kucai. Sambal yang digunakan disini adalah sambal cabe bubuk. Yup, ini adalah ciri khas empal gentong Cirebon, pakainya cabe bubuk.

Aromanya sungguh menggoda euy. Dan memang rasa kuahnya sangat enak, gurih, spicy, dan aromanya sangat khas. Dagingnya empuk banget, cocok sekali dengan kuahnya. Kalau Anda suka bisa ditambahkan babat dan iso. Nyam nyam...yummmy abis. Apalagi ditambah dengan kerupuk rambak tadi, kriuk... kriuk. Rasa yang sangat khas dan mantap.

Kalau Anda berkunjung ke Cirebon, Anda harus cobain empal gentong Bu Darma yang asli ini. Tetapi jangan sampai kesiangan karena beliau hanya buka dari pukul 7.30 sampai sekitar11.00. Cepat habisnya euy, tetapi tidak heran karena rasanya enak hingga banyak orang datang ke sini. Jadi, jangan sampai kehabisan untuk mencoba empal gentong yang legendaris ini ya. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com