Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata DIY Miliki Keunikan

Kompas.com - 20/04/2011, 08:49 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tazbir, mengatakan desa wisata di DIY umumnya memiliki keunikan tersendiri, di samping alami yang tidak bisa ditemui di daerah lain di Indonesia. "Dengan potensi tersebut mendorong Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya di Yogyakarta, Selasa (19/4/2011).

Bahkan, kata Tazbir, Dinas Pariwisata DIY setiap tahun menyelenggarakan lomba desa wisata tingkat provinsi. "Kegiatan itu bagian dari komitmen serta upaya terus mendorong  desa wisata di provinsi ini yang jumlahnya semakin banyak agar mandiri dan menjadi lokomotif ekonomi masyarakat setempat," katanya.

Dengan demikian, Tazbir berharap kesejahteraan masyarakat di desa wisata juga meningkat.

Ia mengatakan sebagian wisatawan yang datang ke DIY merasa belum puas apabila belum mengunjungi beberapa desa wisata di provinsi ini  yang jumlahnya 65 desa. "Keunikan yang ditawarkan desa wisata di daerah ini tidak hanya potensi alam berupa pemandangan yang indah dan sejuk, namun juga  suasana asli masyarakatnya yang ramah dan sederhana," katanya.

Menurut Tazbir, begitu pula seni dan budaya maupun adat istiadat yang masih dijalani masyarakat setempat, juga memberi daya tarik bagi wisatawan.

Ia mengatakan wisatawan yang datang ke DIY bisa menikmati beberapa desa wisata, di antaranya Desa Kembangarum, Kecamatan Turi, Desa Sambi, Kecamatan Pakem di kawasan Kaliurang, serta Desa Petingsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Meski jumlah desa wisata di Kabupaten Sleman lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten lain di DIY, dan memiliki keanekaragaman yang lebih lengkap, tetapi di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo juga terdapat desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri dan layak dikunjungi.

Diantaranya, lanjut Tazbir, Desa Wisata Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten  Bantul, Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, serta Desa Wisata Bobung, Pathuk di Kabupaten Gunung Kidul. "Bahkan di Kota Yogyakarta juga terdapat desa wisata yaitu kampung wisata di antaranya Dipowinatan dan Cokrodirjan yang kini mulai dikenal masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com