Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Terbitnya Mentari di Borobudur

Kompas.com - 25/04/2011, 09:48 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Terbitnya matahari adalah momen indah yang acapkali terlewatkan untuk dinikmati akibat kesibukan kita. Apalagi hampir tiap hari kita melihat terbitnya mentari, sehingga peristiwa tersebut dirasa tak lagi istimewa. Namun, proses mentari terbit, seperti halnya mentari terbenam, akan menjadi waktu-waktu yang indah bila disaksikan dari lokasi yang tepat. Salah satunya dari Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Dari candi Buddha terbesar di Indonesia ini Anda dapat melihat terbitnya sang surya dari balik Gunung Merapi yang masih diselimuti kabut pagi. Bulan Mei hingga Juli merupakan waktu yang tepat untuk menikmati momen ini. Karena pada masa-masa ini cuaca sedang cerah.

Hanya saja perlu diketahui, Candi Borobudur baru dibuka pada pukul 06.00 Wib. Lalu bagaimana bisa masuk ke Borobudur? Tenang saja, Anda bisa masuk melalui Hotel Manohara yang berada di dalam kompleks Wisata Candi Borobudur. Sebaiknya Anda datang pada pukul 04.00 WIB, dan membayar tiket masuk kepada petugas di hotel ini.

Di sini Anda akan diberi sarung batik bercorak Candi Borobudur dan wajib Anda kenakan. Anda akan dipandu oleh seorang pemandu, yang akan memberitahukan posisi yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit.

Warna kemerahan di ufuk timur sudah bisa Anda lihat pada sekitar pukul 04.30. Stupa-stupa dan patung Buddha di candi pun akan mulai nampak. Batu-batu yang membentuknya akan berpendar kemerahan, menunjukkan wajah damai Sang Buddha.

Dari pukul 05.30 hingga 06.00 pagi, matahari akan naik perlahan-lahan dari balik Merapi, dengan warna jingga dilengkapi warna ungu kebiru-biruan dari langit. Warna-warna itu terlihat indah di atas batu-batu candi yang berwarna abu-abu kehitaman. Anda bisa mengambil gambar indahnya langit dengan latar depan stupa Candi Borobudur.

Menurut salah satu pemandu yang juga merupakan salah satu staf pemugaran, Mura Aristina, wisatawan lebih tertarik untuk melihat matahari terbit dari pada matahari tenggelam dari candi. "Pada waktu libur sekolah itu, bisa mencapai hingga 1.500 pengunjung," kata Mura.

Untuk masuk dan menikmati matahari terbit di Candi Borobudur Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 220.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 320.000 untuk wisatawan asing.

Setelah menikmati indahnya matahari terbit, Anda akan mendapatkan morning tea dan sarapan pagi... serta aura kedamaian dari Borobudur yang diselimuti hangatnya sinar matahari pagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com