Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Semakin Mudah ke Taiwan

Kompas.com - 05/05/2011, 19:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Biro Pariwisata Taiwan tengah gencar mengincar pasar Indonesia untuk berwisata ke Taiwan. Director of Taiwan Visitors Association Chang Fu-Nan menuturkan, wisatawan Indonesia ke Taiwan pada tahun 2010 mencapai 120.000 jiwa.

"Jumlah ini kecil karena jumlah orang Indonesia banyak, perbandingannya jadi sedikit. Padahal, Malaysia pada tahun yang sama mencapai 280.000 wisatawan. Secara jarak masih sama antara Malaysia ke Taiwan dan Indonesia ke Taiwan. Kami harapkan ada kenaikan jumlah wisatawan Indonesia ke Taiwan," tutur Chang saat jumpa pers dalam acara Taiwan Travel Fair 2011 di Central Park, Jakarta, Kamis (5/5/2011). Ia menargetkan tingkat kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan pada tahun 2011 bisa 150.000 wisatawan.

Chang mengatakan, pasar Indonesia sangat menjanjikan karena nilai rupiah yang menguat dan kemudahan untuk berwisata dengan adanya kebijakan pembebasan fiskal. Karena itu, pihaknya mengadakan Taiwan Travel Fair dengan harapan menjaring lebih banyak wisatawan Indonesia.

Produk wisata yang ingin ditargetkan untuk pasar Indonesia adalah wisata Muslim. Taiwan memiliki jumlah penduduk beragama Islam dan masjid yang cukup banyak. Selain itu, Taiwan juga tengah gencar mempromosikan makanan halal.

Sementara itu, General Manager Indonesia Branch China Airlines Joe WT Chiu mengatakan, akses penerbangan dari Indonesia ke Taiwan sangat mudah. "Kami memiliki dua penerbangan dari Jakarta ke Taiwan. Ada juga yang transit melalui Hongkong. Kami juga memiliki 11 penerbangan dari Denpasar ke Taipei," tuturnya.

Hal senada diungkapkan General Manager Eva Air Makmun Hamsa. "Kami terbang dari Jakarta dan Denpasar setiap hari. Ada juga penerbangan langsung ke Taipei dari Surabaya. Jadi, akses ke Taiwan tidak masalah," ungkapnya.

Selama pameran Taiwan Travel Fair 2011, baik China Airlines maupun Eva Air memberikan harga spesial. Bahkan, untuk China Airlines memberikan promo "Beli 2 Gratis 1". Dengan demikian, pembeli membayar dua untuk tiga tiket. Penawaran dengan harga menarik juga diberikan untuk paket wisata.

Biro pariwisata Taiwan bekerja sama dengan Raja MICE mengelar pameran wisata Taiwan di Central Park GF. Pameran ini diikuti 45 perwakilan yang terdiri atas 17 unit industri wisata Taiwan, termasuk organisasi-organisasi swasta terkait pariwisata, maskapai, biro perjalanan, penginapan, leisure farm, kerajinan tangan, dan pertunjukan seni. Selain itu, juga turut berpartisipasi 16 biro perjalanan lokal yang biasa menangani wisatawan Indonesia ke Taiwan. Pameran berlangsung 3-8 Mei 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com