Museum Madame Tussauds dan Anggur

Kompas.com - 06/05/2011, 10:50 WIB
EditorI Made Asdhiana

Oleh: Siwi Nurbiajanti

Thailand merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang terkenal sebagai tujuan wisata. Hal itu tidak terlepas dari promosi wisata yang dilakukan pemerintahnya. Berbagai lokasi dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata dengan berbagai sarana.

Tidak hanya itu, di Thailand juga dibangun obyek-obyek wisata baru yang membuat takjub pengunjung, salah satunya Madame Tussauds, yang menampilkan sosok para selebriti dan tokoh dunia dari lilin. Obyek wisata itu terletak di tengah ibu kota, Bangkok, tepatnya di lantai enam Siam Discovery.

Kami mengunjungi Madame Tussauds, Senin (11/4), dalam rangkaian perjalanan empat hari, mulai Minggu malam hingga Rabu malam. Perjalanan wisata itu atas undangan Tourism Authority of Thailand, badan yang secara khusus bertanggung jawab terhadap promosi pariwisata di negara tersebut.

Museum Madame Tussauds di Bangkok merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Museum serupa terdapat di London, Amsterdam, Las Vegas, Washington DC, Hongkong, New York, Shanghai, dan Berlin.

Memasuki museum yang mulai dioperasikan Februari 2011 itu tampak berdiri replika para tokoh Thailand dan tokoh-tokoh dunia, termasuk para selebriti dan tokoh olahraga. Sedikitnya 80 sosok tokoh dunia ada dalam museum itu, antara lain Barack Obama dan istrinya, Putri Diana, Ratu Elizabeth II, tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi, Albert Einstein, pegolf Tiger Woods, bintang sepak bola David Beckham, dan Madonna. Juga selebriti lainnya, seperti Angelina Jolie, Brad Pitt, Johnny Depp, Michael Jackson, Will Smith, dan Tata Young.

Di museum itu ada juga sosok petinju legendaris Muhammad Ali yang berada dalam satu ruangan dengan legenda petinju Thailand, Khaosai Galaxy, yang dulu pernah melawan petinju Indonesia Elias Pical.

Tokoh Madame Tussauds sendiri berada di ujung museum, mendekati pintu keluar. Ia tampak memegang penggalan kepala yang juga dibuat dari lilin. Di sebelahnya terdapat biografi singkat mengenai sejarah Madame Tussauds.

Madame Tussauds yang lahir dengan nama Anna Maria Grosholt merupakan sosok legendaris yang gigih mengabadikan tokoh-tokoh dunia dalam bentuk patung lilin. Ia lahir di Strasbourg, Perancis, pada 1761. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk dokter Phillippe Curtius, seorang dokter yang mahir membuat patung lilin. Curtius mendidik Tussauds dalam seni patung lilin.

Pada usia 17 tahun, Anna Maria Grosholt membuat patung lilin Francois Marie Arouet de Voltaire, filosof Perancis yang lebih dikenal dengan nama Voltaire. Dia kemudian menikah dengan Francois Tussaud pada 1795, dan mendapatkan dua putra, Joseph (lahir pada 1798) dan Francis (lahir pada 1800).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.