Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Ramaikan Festival Teluk Jailolo

Kompas.com - 09/05/2011, 20:51 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Sejumlah lokasi pelaksanaan Festival Teluk Jailolo (FTJ) di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, ramai oleh pedagang untuk menjajakan dagangan. Padahal FTJ baru akan diselenggarakan 14-18 Mei mendatang.

"Kami akan manfaatkan FTJ ini dengan menjajakan berbagai dagangan kami, apalagi saat ini di lokasi tempat dilaksanakan FTJ tersebut mulai ramai dikunjungi warga masyarakat yang berasal dari luar Kabupaten Halbar," kata salah seorang pedagang asal Jailolo, Sofyan di Ternate, Minggu (8/5/2011).

Sejumlah pedagang dan pengusaha mulai mengaktifkan tempat-tempat hiburan yang telah tersedia. Suasana menjelang pembukaan FTJ tersebut telah ramai sejak pagi hingga malam hari. Warga dari berbagai desa di kabupaten Halmahera Barat mulai berdatangan untuk menyaksikan keramaian itu.

"FTJ  masih buka 14 Mei 2011, tapi hampir setiap hari ratusan warga mulai berdatangan setiap hari untuk berbelanja dan mendatangkan anak-anak untuk bermain pada sejumlah permainan yang ada maka, orang lainpun datang sehingga suasana semakin ramai," ujarnya. Beberapa pengusaha kecil mengaku selama empat hari terakhir omset mulai menambah.

"Omzet kami di FTJ kali ini kian meningkat, karena hampir setiap hari sudah meraup keuntungan sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu, kami harapkan agar FTJ bisa digelar lebih lama lagi," ujarnya.

Sementara itu, Sekkab Kabupaten Halbar, Abjan Sofyan ketika dikonfirmasi mengakui kalau para pedagang mulai menjajakan dagangannya di sekitar areal dilaksanakannya FTJ.

"Dari awal pelaksanaan FTJ kita sudah lihat padatnya lokasi pergelaran acara itu, sehingga kami memberikan waktu lebih dini untuk para pengusaha membuka usaha di sejumlah tempat yang di sediakan panitia dapat digunakan pengusaha," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com